The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wapres Ma'ruf: Pemerintah Targetkan 20 Juta Pengusaha Mikro Dapat Bansos di 2021
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Photo/Dok. KIP Setwapres)
News

Wapres Ma'ruf: Pemerintah Targetkan 20 Juta Pengusaha Mikro Dapat Bansos di 2021

Rabu, 07 Oktober 2020 18:18 WIB 07 Oktober 2020, 18:18 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah menargetkan sebanyak 20 juta pelaku usaha mikro akan mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau bantuan sosial.

Hal itu disampaikannya dalam sebuah dialog virtual dari rumah dinas wapres di Jakarta, Rabu (7/10/2020). Ma'ruf Amin juga mengatakan bahwa bantuan itu akan disalurkan melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) yang saat ini tengah melakukan verifikasi data terhadap pelaku usaha mikro.

"Target kami (Pemerintah) sampai 15 juta itu memang di 2021 awal itu sudah harus selesai. Tapi kami akan buat target-target berikutnya. Jadi kalau 2020 itu bisa sampai 12 juta, maka nanti di 2021 itu kami harapkan sampai 20 juta," kata Ma'ruf Amin, dilansir dari Antara.

Ma'ruf mengatakan data awal sebanyak 60 juta pelaku usaha, hingga pada September 2020 baru diperoleh 9,16 juta pengusaha mikro. Jumlah penerima bantuan sosial pun akan bertambah pada tahap kedua yang dijadwalkan Desember.

"Rencananya, tahap kedua sampai Desember itu bisa 12-15 juta (penerima bansos). Anggaran yang disediakan Pemerintah memang untuk 15 juta usaha mikro itu sebesar Rp36,2 triliun. Sisanya, akan dilanjutkan tahun 2021," tutur dia.

Ia menjelaskan bahwa penerima bantuan itu memiliki kriteria, yakni tidak sedang menerima pembiayaan dari lembaga keuangan, memiliki nomor induk berusaha (NIB) dan bukan aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, anggota Polri maupun karyawan BUMN/BUMD.

"Ini kan tujuannya ingin memberikan supaya UMK itu bisa bergerak, berkembang, maka pelaku usaha mikro yang diberikan itu yang tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan, tidak sedang menerima KUR (kredit usaha rakyat)," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US