Sydney Banjir, Ribuan Warga Diminta untuk Mengungsi karena Hujan Terus Mengguyur

- Minggu, 21 Maret 2021 | 13:42 WIB
Sydney banjir (REUTES/Stringer)
Sydney banjir (REUTES/Stringer)

Orang-orang di bagian barat laut Sydney diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka di tengah malam karena hujan lebat terus melanda pantai timur Australia pada hari Minggu dengan air yang mengalir deras yang menyebabkan kerusakan luas di seluruh wilayah.

Risiko banjir dan peringatan evakuasi diberlakukan untuk sekitar 12 wilayah di New South Wales (NSW), negara bagian terpadat di Australia dengan 8 juta orang, dengan sungai meluap dan akumulasi hujan menimbulkan bahaya.

"Bukan hanya hujan yang menyebabkan kehancuran, tapi angin kencang juga" kata Jonathan How, ahli meteorologi senior di Biro Meteorologi, kepada penyiar ABC News.

Hujan deras akan terus berlanjut selama hari Minggu di Sydney dan di seluruh negara bagian, dengan beberapa daerah diperkirakan akan mendapatkan curah hujan hingga 200 milimeter.

Layanan darurat mengatakan mereka telah menerima sekitar 600 panggilan dalam semalam untuk meminta bantuan, lebih dari 60 di antaranya adalah permohonan penyelamatan dari banjir.

-
Sydney banjir (REUTERS/Loren Elliott)

Rekaman televisi dan media sosial menunjukkan air mengalir deras dari rumah-rumah, jalan, pohon patah dan infrastruktur jalan rusak.

Cuaca ekstrem memengaruhi pengiriman vaksin Covid-19 Australia ke Sydney dan di seluruh negara bagian dan mengganggu rencana negara itu untuk memberikan dosis vaksin pertama kepada hampir 6 juta orang selama beberapa minggu ke depan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X