Sudah Hampir 20 Kali Tes PCR, Ridwan Kamil Bersyukur Masih Sehat

- Senin, 22 Maret 2021 | 17:38 WIB
Ridwan Kamil. (Instagram/@ridwankamil)
Ridwan Kamil. (Instagram/@ridwankamil)

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menyampaikan pengalamannya menjalani hampir 20 kali pemeriksaan untuk mendeteksi penularan COVID-19 menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) sejak awal pandemi hingga sekarang.

"Saya di PCR mungkin mendekati 20-an, kan ketemu Pak Jokowi, ketemu dengan Pak Wapres, Pak menteri. Jadi kalau melihat hidung saya kanan lebih gede sedikit, mungkin terlalu banyak (alat) swab mengorek-ngorek hidung saya," ujar Ridwan Kamil usai meninjau uji klinis vaksin Sinovac di UPT Puskesmas Garuda, Bandung, Senin (22/3/2021).

Ridwan Kamil juga mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 telah memaksanya rutin berolahraga dan memperhatikan konsumsi makanan sehingga tubuhnya menjadi lebih fit.

"Saya mau terus terang, selama COVID-19 ini badan saya lebih sehat ya, karena ternyata dipaksa rajin olahraga tiap hari. Saya badminton, berenang, kemudian makan dijaga, kemudian protokol juga sangat ketat, kalau ke Gedung Pakuan contohnya kan harus dites," kata dia.

"Alhamdulillah selama satu tahun terakhir ini tidak ada saya sedikit pun demam," sambungnya.

Dia pun bersyukur selama pandemi ini tetap sehat dan tidak pernah sakit. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengingatkan warganya agar rutin olahraga serta memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan agar terhindar dari penyakit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X