Mahfud MD Beber Janji Sigit yang Tak Banyak Diberitakan, Malah Dapat Tepukan Meriah di DPR

- Kamis, 21 Januari 2021 | 14:16 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Antara Foto)
Menko Polhukam Mahfud MD (Antara Foto)

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD membeberkan janji Komjen Listyo Sigit Prabowo calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) tidak banyak disinggung media jika terpilih kelak.

Mahfud mengungkap satu janji yang akan dilakukan oleh Listyo Sigit untuk membawa perubahan pada tubuh Polri yakni komitmen dirinya untuk menghukum anggota polri yang terlibat narkoba.

Kata Mahfud janji calon Kapolri itu justru mendapatkan sambutan yang positif oleh anggota Komisi III DPR RI. Mereka beri aplause, tepuk tangan meriah.

"Salah satu janji calon Kapolri Komjen Listyo Sigit yg tidak banyak diberitakan tapi mendapat tepukan meriah di Komisi III DPR (20/1/2021)," tulis Mahfud dalam Twitter pribadinya seperti yang dikutip INDOZONE, Kamis (21/1/2021).

"Jika ada anggota atau pejabat Polri yg terlibat kejahatan spt bandar atau pengedar narkoba maka akan dipecat dan dipidanakan," ujar Mahfud mengutip pernyataan Listyo Sigit.

Menurutnya janji itu sangat penting demi reformasi di tubuh Polri untuk memberantas kasus narkoba yang marak di masyarakat.

Komjen Pol. Listyo Sigit sebelumnya menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri yang diselenggarakan Komisi III DPR pada Rabu (20/1) dengan diantarkan para senior dan juniornya di kepolisian.

-
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Antara Foto)

 

Beberapa nama pejabat Polri yang hadir mengantar Listyo menjalani uji kelayakan tersebut, antara lain Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono, Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Arief Sulistyanto, Kadiv Propam Irjen Pol. Ferdi Sambo, dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Wahyu Widada.

Dalam uji kelayakan tersebut, Listyo sempat menginformasikan kepada anggota Komisi III DPR RI bahwa dirinya hadir dengan didampingi anggota Polri dari berbagai angkatan, yaitu angkatan 1987, 1988, 1989, 1990, 1991, dan para juniornya.

"Jadi, saat ini Polri solid Pak," kata Listyo Sigit.

Perwira jebolan Akademi Kepolisian tahun 1991 itu ingin menunjukkan internal Polri tetap solid setelah penunjukan dirinya sebagai calon Kapolri oleh Presiden Jokowi.

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis yang hadir mengantarkan Listyo Sigit menjalani uji kelayakan pun menegaskan hal yang sama bahwa pergantian pucuk pimpinan di Polri merupakan sebuah keniscayaan.

Selain itu, pergantian Kapolri merupakan bukti bahwa regenerasi di internal institusi tersebut berjalan sangat baik sehingga kebijakan Presiden Jokowi menunjuk Listyo Sigit sebagai calon Kapolri harus dijalankan dan diamankan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X