Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri, DPR: Harus Jadi Pelindung dan Pengayom Masyarakat

- Rabu, 27 Januari 2021 | 12:01 WIB
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat menjalani fit and proper test. (Antara Foto)
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat menjalani fit and proper test. (Antara Foto)

Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Pimpinan Komisi III DPR RI menunggu Komitmen Listyo sebagaimana yang sudah disampaikan saat fit and proper test lalu.

“Kami minta komitmen beliau agar apa yang sudah disampaikan pada saat fit and proper test, benar-benar dilaksanakan secara konsisten,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh kepada Indozone, Rabu (27/1/2021).

Kemudian, Pangeran mengaharapkan Polri dengan tagline yang Listyo Sigit yaitu Presisi (Prediktif, responsibiltasi, transparasi dan berkeadilan) mampu mengayomi dan melindungi masyarakat.

“Kami juga berharap agar Polri kedepan dengan taglinenya PRESISI haruslah benar benar menjadi pelindung dan pengayom masyarakat dengan lebih mementingkan kepentingan masyarakat banyak. Meneggakan hukum secara berkeadilan dan bertindak humanis dalam mengatasi berbagai persoalan di lapangan,” beber dia.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berpesan kepada Listyo Sigit agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Korps Bhayangkara.

“Semoga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghantarkan polri menjadi polisi yang  unggul (excellent),” tandasnya.

Lebih jauh penguatan internal hingga meningkatkan kualitas SDM Polri turut menjadi sorotannya. Dengan demikian Polri semakin mampu mengikuti perkembangan jaman.

“Kami meminta agar soliditas polri dapat tetap terjaga dan perbaikan kualitas SDM harus semakin meningkat agar mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju,” tandasnya.

Diketahui Presiden Jokowi resmi melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (27/1/2021), tak lama setelah Presiden Jokowi menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Listyo Sigit resmi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan pada 27 Januari 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X