Luhut Sebut Indonesia Punya Potensi Karbon yang Luar Biasa dari Hutan Hujan

- Rabu, 14 Oktober 2020 | 18:08 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Photo/Dok. Kemenko Maritim dan Investasi)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Photo/Dok. Kemenko Maritim dan Investasi)

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai potensi karbon yang luar biasa dari hutan hujan yang ada di Tanah Air.

Dalam webinar "Bersama Menjaga Hutan Indonesia", Rabu (14/10/2020), Luhut juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki hutan bakau (mangrove) seluas 3,4 juta hektare dan merupakan sepertiga cadangan karbon pesisir global yang penting untuk adaptasi dan ketahanan dalam menghadapi bencana alam serta perubahan iklim.

"Indonesia merupakan rumah bagi hutan hujan yang masih utuh, dengan hutan tropis terbesar ketiga di dunia sekitar 200 ton karbon tak terpulihkan (irrecoverable) per hektare dibandingkan Amazon yaitu sekitar 100 ton karbon per hektare," kata Luhut, dilansir dari Antara.

"Hutan bakau Indonesia menghasilkan sekitar 500 ton karbon tak terpulihkan per hektare dan merupakan biomass carbon terkaya dunia selain dari lahan gambut tropis. Karena itu, ini perlu kita cermati, bahwa kita memiliki power yang luar biasa sebenarnya," tambahnya.

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan bahwa saat ini hal yang paling penting adalah upaya untuk melindungi dan menjaga ekosistem hutan Indonesia. Maka dari itu, ia menyebutkan butuh dukungan kebijakan maupun pendanaan.

"Eloknya program strategis ini harus dikaitkan dengan target pengentasan kemiskinan dan pemberantasan illegal logging (pembalakan liar). Illegal logging ini jadi isu yang harus betul-betul kita tackle (tangani)," terangnya.

"Kementerian, pemda terus bersinergi dengan TNI/Polri dan mendengarkan masukan swasta dan BUMN termasuk menggunakan teknologi informasi dan satelit," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X