Nadiem: Kabar Gembira, Kemendikbud Akan Tingkatkan Anggaran untuk Perguruan Tinggi

- Selasa, 3 November 2020 | 22:51 WIB
Sejumlah mahasiswa meneliti bibit padi hasil kultur jaringan di Laboratorium Pusat Unggulan Ipteks. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Seno)
Sejumlah mahasiswa meneliti bibit padi hasil kultur jaringan di Laboratorium Pusat Unggulan Ipteks. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Seno)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meningkatkan total anggaran untuk perguruan tinggi hingga 70 persen pada 2021.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam dalam peluncuran Merdeka Belajar episode keenam di Jakarta, Selasa (3/11/2020). Ia juga mengatakan bahwa Kemendikbud akan meningkatkan anggaran perguruan tinggi tetapi dengan catatan peningkatan yang diharapkan tersebut tercapai.

"Kabar gembira pada 2021, Kemendikbud akan meningkatkan total anggaran yang disalurkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebesar 70 persen. Tetapi peningkatan anggaran itu, komponen terbesarnya harus berdasarkan kinerja dan berdasarkan program dan berbasis proposal yang baik dan berbasis misi diferensiasi masing-masing perguruan tinggi," ujarnya dilansir dari Antara, Selasa (3/11/2020).

Ia menyebutkan bahwa ada tiga tujuan utama dalam meningkatkan pendanaan perguruan tinggi tersebut. Pertama, adalah lulusan yang bisa produktif mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat dan punya penghasilan yang layak.

Kemudian yang kedua, adalah untuk dosen-dosen agar lebih mengerti kebutuhan dan kompetensi yang relevan bagi lulusan. Sehingga sesuai dengan kebutuhan rill di masyarakat dan industri.

Sementara ketiga, kurikulum dan pembelajaran yang lebih mengasah keterampilan yang dibutuhkan di masyarakat, yakni kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah.

"Kita telah menyederhanakan untuk perguruan tinggi yang melakukan perubahan. Ada delapan indikator utama yang akan dimonitor dan diapresiasi dalam bentuk pendanaan oleh Kemendikbud," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X