PLN Beberkan Penyebab Mati Lampu dan Gardu Listrik di Blok M Terbakar

- Senin, 2 November 2020 | 11:41 WIB
Ilustrasi lampu. (Pexels/Burak K)
Ilustrasi lampu. (Pexels/Burak K)

PT PLN (Persero) mengungkap penyebab padamnya listrik yang terjadi pada hampir seluruh wilayah Jakarta pada Minggu siang kemarin. Hal tersebut dikarenakan alat PLN yang meledak di Muara Tawar.

"Adanya alat PLN, yaitu pemutus beban atau circuit breaker 500 kV di Muara Tawar itu mengalami breakdown atau meledak," ucap Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS dalan konferensi pers, Minggu (1/11/2020).

Dengan adanya kejadian itu, Haryanto menjelaskan hal tersebut membuat penyediaan atau supply listrik arah Cirata, Jawa Barat ke arah sebagian wilayah Jakarta terputus.

"Kemudian sistem mengisolasi yang sehat tetap sehat kemudian jalur setelah Muara Tawar yang mengalami gangguan tadi, maka itu melakukan isolasi diri agar semua sistem tidak padam," terangnya.

"Sehingga yang terjadi padam saat itu ada 42 gardu induk yang mengalami pemadaman, dengan beban kurang-lebih 2.000 megawatt yang ada di sebagian Jakarta bagian timur dan juga daerah Bekasi," ungkap Haryanto.

Tak hanya itu, pemadaman listrik juga banyak dikaitkan dengan meledaknya gardu listrik di kawasan Blok M pada Minggu sore kemarin. Namun, PLN pun membantah dan mengungkap penyebabnya.

"Gangguan koneksi dari jaringan tegangan rendah, ada kabel dan sambungannya terbakar, dan mungkin kena air juga, sehingga di situ terdapat ledakan. Tetapi ini minor sekali dan tidak ada hubungannya dengan gangguan subsistem yang dijelaskan tadi," terang General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X