Heboh Habib Rizieq Dikabarkan Batal Pulang ke Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya!

- Jumat, 6 November 2020 | 14:59 WIB
Habib Riziq Shihab menjelaskan tak mendapat Bayan Safar dari Imigrasi Arab Saudi. (Youtube/Front TV)
Habib Riziq Shihab menjelaskan tak mendapat Bayan Safar dari Imigrasi Arab Saudi. (Youtube/Front TV)

Heboh Habib Rizieq Shihab dikabarkan batal pulang ke Indonesia. Padahal, awalnya Habib Rizieq bakal pulang pada Selasa 10 November 2020. Ada apa gerangan?

Melalu siaran di YouTube Front TV, Habib Rizieq menjelaskan Imigrasi Arab Saudi tidak jadi memberikan izin Bayan Safar yang awalnya sudah diajukan. Bayan Safar adalah izin keluar dari Arab Saudi. Namun, keterangan itu seolah tidak utuh sehingga dianggap Habib Rizieq batal pulang ke Indonesia.

"Permohonan Bayan Safar yang saya ajukan pada hari 211 kemarin saat di Jakarta ada aksi demo, sebagaimana sudah diumumkan oleh putra tercinta Habib Muhammad Hanif Al Athos bahwa kami sudah mendapatkan putusan dari keimigrasian Saudi Arabia untuk bisa mendapatkan Bayan Safar," tutur Habib Rizieq dalam video yang diunggah, Kamis (5/11/2020).

"Akan tetapi kemarin siang pada saat tahap akhir kami datang ke imigrasi di Kota Jeddah, kami mendapatkan kenyataan ternyata akhirnya rencana Bayan Safar yang semula akan diberikan kepada saya dan keluarga dibatalkan," sambungnya. 

Alasannya, kata Habib Rizieq, sifat dari Bayan Safar itu tidak menghapus overstay. Sehingga, berpotensi akan membuatnya memiliki masalah di Arab Saudi.

"Karena sifatnya daripada Bayan Safar itu tak menghapus overstay, sehingga kalau saya menggunakan Bayan Safar, dalam arsip saya di keimigrasian Saudi akan ada catatan buruk bahwa saya pernah melakukan kesalahan, overstay walaupun saya dimaafkan, dimaklumi, diizinkan pulang, tapi catatan itu menjadi buruk," tegasnya.

"Karena itu, pihak otoritas Saudi melihat saya tidak layak mendapatkan Bayan Safar. Karena itu, sekali lagi Bayan Safar itu dibatalkan dan kami sekeluarga tidak dapat exit permit atau Bayan Safar atau izin keluar dari Saudi," lanjutnya.

Kendati demikian, pihak Imigrasi Arab Saudi memberikannya solusi terkait pesoalan Bayan Safar ini. Habib Rizieq menyatakan, pihak Imigrasi Arab Saudi memberikannya perpanjangan visa.

"Jadi visa saya yang sudah mati 2 tahun 5 bulan dihidupkan kembali dan berlaku sampai pertengahan November 2020. Sehingga catatan overstay hilang otomatis denda juga tidak ada," jelas Rizieq.

Dalam video itu, pentolan FPI Habib Rizieq Shihab juga kembali menegaskan, tetap akan pulang ke Indonesia. Bahkan, dia sudah melunasi pembelian tiket pesawat untuk pulang ke Tanah Air.

Rizieq menyebut, dirinya akan terbang dari bandara Kota Jeddah, Arab Saudi pada Senin, 9 November 2020 pukul 19.30 waktu setempat, dengan nomor penerbangan SV 816.

"Pesawat kami akan tiba mendarat di Bandara Cengkareng hari Selasa, 10 November 2020 jam 9.00 pagi waktu Jakarta di terminal 3 Bandara Cengkareng," pungkas Habib Rizieq.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X