The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penampakan Foto Rizieq dari Balik Jeruji Besi di Sel Polda Metro, Tolak Makanan Rutan
Foto Rizieq Shihab dari dalam balik jeruji Rutan Polda Metro Jaya. (Istimewa)
News

Penampakan Foto Rizieq dari Balik Jeruji Besi di Sel Polda Metro, Tolak Makanan Rutan

Rabu, 16 Desember 2020 18:17 WIB 16 Desember 2020, 18:17 WIB

INDOZONE.ID - Beredar foto Habib Rizieq Shihab (HRS) dari balik jeruji besi di Rumah Tahanan Negera (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya. Tampak dalam foto tersebut Rizieq melempar senyum.

Foto tersebut memperlihatkan Rizieq menghuni sel Rutan seorang diri tampak sedang bersila membuang pandangannya ke arah luar jeruji.

Penampakan foto ini beredar di kalangan wartawan. Seperti yang terlihat Rizieq mengenakan pakaian berwarna putih dan kopiah putih melekat di kepalanya.

Dia mengenakan kaus oblong dan celana panjang berada dalam sel berukuran 2x1. Terbilang cukup sempit dan hanya bisa ditempati satu orang. 

Ada pula dalam sel terletak sebuah koper berwarna putih yang diduga sebagai tempat penyimpanan barang-barang pribadi milik imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu.

Dalam surat pribadinya yang dikirim kepada keluarga dan anaknya, sel tahanan tersebut merupakan sel yang pernah ditempatinya dulu saat ditahan di tempat yang sama.

Dari dalam sel ini HRS kemudian menuliskan sepucuk surat ditujukan kepada keluarganya tercinta memperlihatkan isi tulisan tangannya.

"Semoga ummi dan semua anak-anak Aba selalu sehat dan berkah serta dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah, Aba saat ini ada dalam sel yang pernah Aba tempati dulu. Dan Aba dalam kondisi sehat wal afiat, aman dan nyaman, tenang dan senang, tidak ada sedikit pun perasaan duka dan sedih atau khawatir dan takut. Semua petugas tahanan baik," tulisnya.

Habib Rizieq berencana akan puasa setiap hari dan meminta dikirimkan makanan satu kali saja untuk berbuka puasa.

Soal makanan sahur, Habib Rizieq menulis akan memakan kurma dan cemilan saja, boleh jika mengirimkan teh atau susu di dalam termos kecil untuk berbuka.

"Terkait pesanan Aba berupa kitab-kitab dan keperluan sehari-hari, jangan dikirim sekaligus tapi bertahap. Salam Aba buat semua Habaib, dan Ulama, serta Ummat agar sabar dan tetap semangat REVOLUSI AKHLAQ. Jangan lupa jaga Prokes. Semoga wabah Corona segera berlalu. Yang mencintai kalian, HRS dari tempat 'Uzlah, 14 Desember 2020," tulisnya.

Pengamat, wajar Rizieq takut

Ahli hukum tata negara Refly Harun memberikan tanggapan terkait Habib Rizieq Shihab (HRS) yang hanya mau makan makanan kiriman dari keluarga.

Menurutnya rasa khawatir, takut yang dirasakan HRS merupakan hal yang wajar karena sejak awal kasus tersebut banyak menimbulkan pertanyaan.

Ia menjelaskan bahwa HRS tidak percaya dengan pihak-pihak tertentu, terutama pihak rutan yang memberikan makanan, walaupun makanan tersebut sudah melewati tes keamanannya.

"Who knows, kita kan tidak tahu apakan makanan tersebut bisa steril atau tidak," ujar Refly.

Refly menambahkan Polda Metro Jaya yang seharusnya menjadi tempat teraman dan ternyaman untuk masyarakat ini terkadang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

"Ini kan di penjara Polda, di kepolisian. Tempat seharusnya orang merasa aman, karena ini adalah tempat perlindungan dan pengayoman masyarakat," kata Refly.

"Tapi kadang-kadang yang seharusnya tidak sama dengan faktanya," sambung Refly.

Ia menyebut adanya kemungkinan pihak-pihak yang ingin mencelakai tahanan sehingga bisa saja memasukkan zat berbahaya ke dalam makanan tahanan tersebut.

"Yaa katakanlah misalnya dari pihak atau tangan yang iseng untuk memasukkan zat tertentu yang kemudian dikonsumsi kepada tahanan yang dituju," kata Refly.

Refly menambahkan hal inilah yang menyebabkan munculnya rasa tidak percaya terutama Rizieq Shihab kepada pihak polisi dan rutan, apalagi sejak awal permasalahan HRS dengan pihak polisi ini penuh dengan pertanyaan yang belum juga terjawab.

"Kepercayaan yang mahal di Republik ini, apalagi untuk kasus yang awal mulanya sendiri penuh dengan pertanyaan-pertanyaan," ungkap Refly.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US