Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah

- Rabu, 10 Februari 2021 | 14:34 WIB
Analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)
Analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem di Jawa Tengah (Jateng) dalam satu pekan ke depan. Terutama di Jateng bagian selatan dan pegunungan tengah.

"Berdasarkan peringatan dini yang dirilis BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi pada tanggal 10-16 Februari 2021," jelas analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan dikutip Antara, Rabu (10/2/2021).

Menurut dia, potensi cuaca ekstrem itu disebabkan karena Jateng sedang berada pada puncak musim hujan. Analisis BMKG menunjukkan, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jateng.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Tegaskan PPKM Mikro Bukan Pelonggaran Tanpa Dasar

Rendi menambahkan, hal itu disebabkan oleh munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah utara Indonesia. Sehingga, memengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

"Kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Indonesia juga dapat turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal. Fenomena global berupa La Nina moderat juga masih memengaruhi kondisi cuaca di Indonesia," urainya.

Sementara terkait dengan prakiraan cuaca ekstrem tersebut, Rendi mengimbau, masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang beserta dampak yang ditimbulkan berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X