Tips Merawat Motor Klasik Supaya Tahan Lama

- Senin, 2 September 2019 | 14:28 WIB
ANTARA/Chairul Rohman
ANTARA/Chairul Rohman

Motor jadul atau yang dikenal dengan motor klasik membutuhkan berbagai perawatan agar kondisinya tetap bagus. Namun penggemar motor klasik BMW bernama Seno mengatakan bahwa untuk merawat motor klasik sangat mudah.

"Pada dasarnya sih, prinsipnya sama aja. Yang penting kan, kaya oli harus rajin diganti dan memakai oli jenis 20W50 yang biasa dipakai kendaraaan klasik," ungkapnya.

-
ANTARA/Chairul Rohman

 

Untuk pergantian pelumas BMW klasik sendiri menurut Seno melewati tiga tahapan yaitu oli mesin, gear box dan gardan. Seno menyarankan jika ada masalah terhadap mesin kendaraan klasik sebaiknya dibawa ke seseorang yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

"Misal dari penyetelan klep itu, kalau bengkel khusus kan lebih paham dengan motor itu ketimbang bengkel biasa," katanya.

Selian cara-cara yang diungkapkan Seno, kamu bisa merawat motor klasik dengan menerapkan tips-tips berikut.

1. Harga spare part yang mahal

-
ANTARA/Chairul Rohman

 

Nggak perlu heran kalau spare part motor yang original berkisar 20%-30% lebih mahal dari spare part KW. Dengan menggunakan spare part original akan membuat umur motor kamu 3 kali lebih panjang daripada menggunakan spare part KW.

2. Hindari motor berkarat

-
ilustrasi/SCB Motorcycle

 

Motor yang usianya cukup lama tentu akan membuat mesin mengalami karat. Untuk menghindari hal ini, kamu harus rutin mencuci motormu. Terlebih setelah melewati tempat yang banyak lumpur datau air. Tak hanya itu, kamu juga harus memeriksa bagian motor lainnya seperti gear dan rantai, swing arm, suspensi, as roda serta rajin diberikan pelumas ketika mulai mengering.

3. Rutin mengganti pelumas

-
ilustrasi/oleje

 

Menbiarkan pelumas motor hingga menghitam akan membuat mesin motor bekerja dengan berat dan membuat bagian motormu terkikis. Dengan rutin mengganti pelumas, motor kamu akan senantiasa dalam kondisi yang prima.

4. Lakukan cek pengapian

-
ilustrasi/Victoryonly

 

Pengapian adalah bagian terpenting agar motormu bisa nyala. Pengapian yang luput dari perhatian bisa menyebabkan motor nggak nyala, bahkan yang lebih bahayanya lagi, motor bisa mudah terbakar. Untuk melakukan pengecekan di bagian perapian, kamu bisa memeriksa bagian aki, platina, busi dan kabel-kabel yang berhubungan dengan pengapian.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X