5 Jabatan Menteri Terunik di Dunia, Urusi Toilet Sampai Atasi Kesepian

- Senin, 28 Oktober 2019 | 17:18 WIB
Twitter/UAE Embassy/japaneseclass.jp
Twitter/UAE Embassy/japaneseclass.jp

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah mengumumkan jajaran menteri yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju untuk bertugas selama lima tahun ke depan, di halaman Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10).

Di pemerintahan kedua Joko Widodo ini, ada pula kementerian baru yang dicanangkan yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain Indonesia, beberapa negara lain di dunia juga pernah melakukan penambahan kementerian. Jabatan menterinya pun terbilang unik dan antimainstream.

Apa saja ya? Berikut dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (28/10), inilah deretan jabatan menteri paling unik yang ada dunia:

1. Menteri Toilet (Jepang)

-
photo/japaneseclass.jp

Toilet termasuk satu dari tiga hal paling penting di Jepang. Saking pentingnya, Jepang sampai membangun museum senilai 60 juta dolar AS yang didedikasikan untuk toilet. Menteri Pemberdayaan Wanita Jepang, Haruko Arimura bahkan dijuluki 'Menteri Toilet' pada tahun 2014. Ia bertugas untuk memperbaiki toilet umum, khususnya bagi perempuan.

"Perempuan tidak mungkin masuk ke toilet kotor di taman umum. Untuk memungkinkan wanita pekerja di luar rumah bisa nyaman memakainya, maka perlu memperbaiki toilet umum," kata Haruko Arimura.

2. Menteri Kemajuan Ilmu Pengetahuan (Uni Emirat Arab)

-
Twitter/UAE Embassy

Sara Al-Amiri dilantik sebagai Menteri Kemajuan Ilmu Pengetahuan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Wanita berusia 30 tahun ini bertugas untuk mewujudkan misi para peneliti UEA menuju Planet Mars, dengan memulai program 'a 100-year national program' pada April 2018.

3. Menteri Modifikasi Cuaca (China)

-
photo/Forbes

Salah satu kementerian terunik ada di China, bernama Beijing Weather Modification Office atau Kantor Modifikasi Cuaca Beijing. Sesuai namanya, kementerian ini bertugas untuk memodifikasi atau mengubah cuaca sesuai kebutuhan nasional, seperti mengontrol tugas dan mengatur jadwal turun hujan. Kalau di Indonesia, kementerian ini mirip seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

4. Menteri Yoga (India)

-
photo/BW Businessworld

Tahun 2014 -saat masa kepemimpinan Narendra Modi-, terbentuklah satu kementerian baru di India yang bertugas mempromosikan praktik kesehatan tradisional di India yaitu Kementerian Yoga.

Posisi Menteri AYUSH -singkatan dari Ayurveda, Yoga, Unani, Siddha, dan Homeopati- diduduki oleh Shripad Naik. Meski semula pembentukan kementerian baru ini sempat menjadi kontroversi, sejumlah program nasional sukses digelar seperti kampanye Hari Yoga Internasional (2015) dan acara yoga massal pada Juni 2019 yang diikuti 35.000 peserta.

5. Menteri Kesepian (Inggris)

-
photo/Wikipedia

Tracey Crouch ditunjuk Perdana Menteri Inggris Theresa May sebagai Menteri Kesepian tahun 2018. Tugasnya, untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi di Inggris, di mana banyak lansia yang terisolasi. Program kerja menteri ini meliputi penanganan isu kesepian di pendidikan formal (sekolah dasar dan menengah), pendampingan para penyidap penyakit yang sulit diobati.

"Bagi banyak orang, kesepian adalah realitas menyedihkan di kehidupan modern ini," ujar Tracey Crouch.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X