Riset: Pelihara Anjing Bikin Panjang Umur

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 14:09 WIB
ilustrasi/pixabay
ilustrasi/pixabay

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association, Curculation: Cardiovascular Quality and Outcomes, memelihara anjing dikaitkan dengan umur panjang. Terlebih pada pasien yang pernah mengalami serangan jantung dan stroke serta hidup sendiri.

Penelitian ini menguatkan hasil dari riset yang dilakukan pada tahun 2013, dimana memelihara anjing dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan penyakit lainnya.

-
ilustrasi/unsplash

Dalam penelitian terbaru yang melibatkan lebih dari 3,8 juta orang menunjukkan bahwa 24% responden yang memelihara anjing mengalami penurunan risiko akan penyebab kematian, 65% mengalami penurunan risiko kematian akibat serangan jantung dan 31% mengalami penurunan risiko kematian dari penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang tidak memelihara anjing.

Menurut seorang peneliti bernama TOve Fall, D. V. M, yang merupakan dosen di Uppsala University, Swedia mengatakan bahwa memelihara anjing membuat seseorang tidak terisolir dari lingkugan dan berinteraksi dengan orang lain.

Memelihara anjing juga dapat menurunkan depresi dan rasa kesepian. Selain itu, orang-orang akan cenderung bergerak yang akan membantu orang pulih dari suatu penyakit dan kesehatan mental.

-
ilustrasi/pixabay

Keuntungan lainnya yang bisa didapat dari memelihara anjing ialah dapat mengendalikan tekanan darah dan memiliki kondisi jantung serta paru yang lebih baik ketimbang orang yang tidak memelihara anjing.

Meski demikian, memelihara anjing juga memiliki dampak yang buruk bagi seseorang yang menderita suatu penyakit, jika anjing kesayangannya meninggal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X