BNN Gelar Pelatihan Internasional Penegak Hukum Narkotika

- Senin, 4 November 2019 | 17:57 WIB
Kepala BNN Heru Winarko saat membuka pelatihan. (Humas BNN)
Kepala BNN Heru Winarko saat membuka pelatihan. (Humas BNN)

Badan Narkotika Nasional (BNN) mewakili Indonesia, dipercaya untuk menggelar pelatihan internasional penegak hukum di bidang pencegahan dan pemberantasan peredaran narkotika atau International Training for Law Enforcement (INARCELL), yang dibuka Senin (4/11) di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN, Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko menuturkan, sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan letaknya yang strategis, Indonesia menjadi daya tarik bagi sindikat internasional untuk memasarkan narkotika. Ini dilihat dari banyaknya kasus penyelundupan narkotika oleh jaringan internasional yang berhasil diungkap aparat penegak hukum di Indonesia.

Heru menuturkan, perlu strategi dan sinergitas dari berbagai pihak dalam menghadapi permasalahan narkotika, terlebih jaringan internasional, termasuk sinergi dengan aparat penegak hukum negara sahabat. 

-
(Humas BNN)

 

“Pelatihan internasional ini merupakan salah satu bentuk penguatan rencana aksi nasional, serta tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dibuat BNN dengan negara mitra serta kementerian/lembaga terkait, sebagai wujud komitmen bersama dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," terang Heru saat membuka pelatihan.

Heru menuturkan, pelatihan yang akan berlangsung hingga 13 November 2019 mendatang ini juga menjadi wadah bertukar informasi, sekaligus membangun jaringan pemberantasan narkotika internasional dengan sejumlah negara. 

-
(Humas BNN)

 

"Di sini ada Arab Saudi, Timor Leste, Kamboja, Thailand, Brunei Darussalam, Kolombia, Papua Nugini dan Seychelles. Kita harapkan bisa meningkatkan kerja sama di bidang intelijen dengan seluruh negara yang hadir," tandasnya.

Ia menambahkan, dalam pelatihan internasional ini BNN juga menggandeng sejumlah kementerian dan lembaga terkait, seperti Ditjen Bea Cukai, Kejaksaan Agung, Ditjen Imigrasi, Ditjen Administrasi Hukum Umum, hingga Badan Keamanan Laut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X