CEK FAKTA: Benarkah Quaden Bayles telah Berusia 18 Tahun?

- Sabtu, 22 Februari 2020 | 18:30 WIB
Quaden Bayles dikabarkan seorang penipu (Istimewa)
Quaden Bayles dikabarkan seorang penipu (Istimewa)

Seorang bocah bernama Quaden Bayles menggegerkan netizen karena pengakuannya yang memilukan. Bocah ini curhat bahwa dirinya menjadi korban bullying di sekolah.

Oleh karena itu, Quaden ingin bunuh diri saja lantaran tidak tahan lagi. Hal ini membuat banyak orang bersimpati kepada Quaden dan mengirimkan donasi kepadanya.

Namun, belakangan muncul isu bahwa Quaden bukan berumur 9 tahun, melainkan sudah berusia 18 tahun. Netizen pun berbalik mengecamnya karena telah melakukan penipuan. Tapi, benarkah hal ini?

Salah satu netizen yang menyebarkan info bahwa Quaden berumur 18 tahun adalah akun Facebook Jasmein Dowe. Dia menuding Quaden seorang penipu, dan sebenarnya memiliki banyak uang.

-
Quaden Bayles dituding penipu (Facebook)

"Perlu kalian tahu..dia menipu semua orang.. usianya 18 tahun..memiliki banyak uang dan semua orang menginginkan itu. Sekarang jika saya salah, tolong cari penjelasannya dan jelaskan kepadaku. Dia adalah selebgram @quadosss yang telah menghapus caption postingan tentang ulang tahunnya ke 18," tulisnya.

Situs Snopes yang melakukan pengecekan fakta, menyatakan bahwa informasi itu adalah hoax. Quaden saat ini masih berusia 9 tahun.

Salah satu foto yang memperlihatkan Quaden menghadiri ulang tahun dan berdiri di samping lampu berbentuk angka 18, bukanlah ulang tahunnya.

Itu adalah foto saat dia datang ke pesta ulang tahun salah satu temannya yang bernama Garlen. Pada tahun 2015 lalu, Quaden dan sang ibu, Yarraka Bayles juga pernah muncul ke publik.

Kala itu mereka menjadi bintang tamu untuk Australian Networks. Saat itu, presenter menyebut bahwa Quaden adalah bocah inspiratif yang berasal dari Brisbane dan berusia 4 tahun.

"Quaden Bayles berusia 4 tahun, berasal dari Brisbane dan merupakan sosok inspiratif. Kampanyenya ingin meningkatkan kesadaran orang-orang tentang dwarfisme." kata presenter tersebut.

Yarraka juga sering mengunggah foto anaknya di media sosial. Pada tahun 2012 silam, dia mengunggah foto Quaden saat masih berusia 15 bulan.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X