Informasi Penculikan Anak di Singkawang adalah Hoax

- Minggu, 23 Februari 2020 | 18:02 WIB
Ilustrasi penculikan anak (Pixabay)
Ilustrasi penculikan anak (Pixabay)

Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, memastikan bahwa isu penculikan di Kecamatan Singkawang Tengah adalah kabar hoaks atau bohong.

"Lagi-lagi Kota Singkawang diserang dengan isu bohong mengenai adanya penculikan anak. Semua informasi yang beredar itu adalah hoaks dan masyarakat jangan mudah percaya," kata Prasetiyo di Singkawang, Minggu (23/2/2020).

Sebelumnya, beredar foto percakapan layar mengenai rencana penculikan. Seolah-olah ada seorang anak sedang bermain di depan rumah, nyaris diculik namun berhasil selamat karena berteriak dan dibantu tetangga depan rumahnya.

"Hoaks, itu kabar bohong tidak benar ada penculikan anak seperti yang beredar media sosial. Bahkan narasi penculikan ini lengkap dengan ciri-ciri pakaian dan kendaraan yang digunakan," jelasnya.

-
Informasi hoax penculikan anak (Polres Singkawang)

Dari hasil pengecekan pihak kepolisian ke lapangan, terbukti bahwa kabar tersebut adalah hoax. Karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak mempercayai isu tersebut, apalagi membagikannya.

Warga diminta untuk menanyakan kepada pihak berwajib terlebih dahulu, jika mendengar isu yang belum dipastikan kebenarannya.

“Kemudian saya meminta masyarakat agar menyaring terlebih dahulu sebelum sharing, cerdas dalam berkomentar dan bijak dalam menggunakan jari-jemari agar tidak dianggap ikut menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keresahan,” terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X