Fakta Soal Foto Selfie Anies & Bima Arya di Bendungan Katulampa

- Jumat, 3 Januari 2020 | 12:49 WIB
Twitter/@GunRomli
Twitter/@GunRomli

Politisi PSI Mohamad Guntur Romli mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Wali Kota Bogor Bima Arya, sedang berselfie di bendungan Katulampa.

Dalam cuitannya, Guntur Romli mengatakan bahwa foto tersebut diambil saat warga Jakarta tengah dilanda banjir parah.

"Cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran," cuit Guntur di akun Twitternya.

Namun, setelah ditelusuri, ternyata foto tersebut merupakan foto tahun 2018. Keduanya melakukan selfie bukan saat banjir terjadi di wilayah Jabodetabek pada Rabu (1/1/20).

Foto tersebut diambil ketika Anies Baswedan diajak oleh Bima Arya ke Bendungan Katulampa untuk membicarakan tentang upaya-upaya yang dilakukan dalam penanganan banjir Jakarta.

-
Twitter/@GunRomli

Bima Arya mengatakan bahwa Bendungan Katulampa merupakan sistem peringatan dini yang memberikan informasi tentang ketinggian air di Sungai Ciliwung, yang berdampak bagi warga Jakarta.

Terkait foto tersebut, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Bogor Rudiyana mengaku kecewa dengan hal tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa foto tersebut tidak ada hubungannya dengan banjir yang terjadi awal tahun 2020.

Ia sangat menyayangkan beredarnya hoaks tersebut. Menurut dia, di situasi seperti ini tidak seharusnya menyebar hoaks.

"Kami sangat menyayangkan masih ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi seperti ini untuk menebar hoaks," kata Rudiyana.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X