Alasan Sri Mulyani Dan Susi Pudjiastuti Layak Untuk Dipertahankan

- Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:59 WIB
Antara/R. Rekotomo/M N Kanwa
Antara/R. Rekotomo/M N Kanwa

Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti menjadi sosok wanita tangguh idola semua orang Indonesia. Bagaimana tidak, mereka memiliki gagasan cemerlang untuk memajukan Indonesia dan hebatnya lagi, mereka berani mengambil risiko besar untuk NKRI.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang mengungkapkan bahwa Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti adalah sosok menteri yang memiliki karakter dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.  Hal ini berdasarkan hasil risetnya yang bertajuk "Menteri dalam Framing Media Sosial 2019".

-
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

 

"Di mata netizen, dua nama ini merupakan sosok menteri yang berkarakter, bukan hanya mumpuni atau berkompeten dalam bidangnya, yang ditunjukkan dengan kemampuannya menjadi pemimpin, tetapi juga komunikator yang baik," ungkapnya.

Menurutnya, kedua menteri tersebut layak untuk dipertahankan dalam  kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Meski mengundang kontroversi di mata publik, tapi mereka membuktikan bahwa kinerja mereka membawa dampak yang baik hingga mendapatkan beberapa penghargaan dari lembaga internasional.

-
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

 

Rustika menilai bahwa Sri Mulyani tegas dalam memberantas korupsi serta melakukan reformasi birokrasi di Kemenkeu. Tak hanya itu, menurutnya Sri Mulyani juga dapat menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah disrupsi atau krisis ekonomi dunia (antara lain akibat perang ekonomi AS-Cina serta krisis ekonomi di Eropa).

Kinerja Sri Mulyani yang sangat bagus ini terlihat dari penerimaan negara yang melampaui target, kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS), pengembalian saham PT Freeport Indonesia ke pemerintah, penyelamatan uang negara dari perusahaan milik Tommy Suharto, keberhasilan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) di Bali. Sri Mulyani juga mencapai prestasinya sebagai Finance Minister of the Year 2019 Global and the Asia Pacific.

Dibalik penilaian positifnya, muncul sentimen negatif anatara lain, melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, bertambahnya utang negara, dan kasus terakhir ialah defisit yang dialami oleh BPJS Kesehatan.

-
ANTARA FOTO/M N Kanwa

 

Menurut Rustika, sosok Susi Pudjiastuti dinilai sebagai sosok yang tegas dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia dari illegal fishing. Tindakan tegas Susi membuat Indonesia menjadi salah satu eksportir ikan terbesar di dunia serta menyelamatkan potensi hasil laut yang bernilai triliunan rupiah.

Menurutnya, nama  Sri Mulyani lebih dikenal sebagai ahli ekonomi kelas dunia dan beritegritas. Sedangkan Susi Pudjiastuti dikenal sejak menjadi menteri dalam kabinet Jokowi.

"Berbeda dengan Susi Pudjiastuti yang populer sejak menjadi menteri kabinet Jokowi-JK, nama Sri Mulyani sudah lebih dikenal sebagai ahli ekonomi kelas dunia dan berintegritas," ungkapnya.

-
ANTARA FOTO/R. Rekotomo

 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X