Erick Thohir Ajak Anak Bangsa Bersiap Hadapi Ekonomi Digital

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:34 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (Istimewa)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir memberikan arahan kepada seluruh anak bangsa agar bersiap menghadapi ekonomi digital di Indonesia yang diperkirakan tumbuh 8 kali hingga 2030. Pertumbuhan tersebut sejatinya lebih cepat dibandingkan APBN yang hanya bertumbuh 1,5 kali.

"Angka digital ekonomi kita, tumbuh 8 kali lebih cepat dari APBN yang 1,5 kali, kue ekonomi digital Rp 4.500 triliun dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2030," jelas Erick dalam Kuliah Umum Kebangsaan Kerja Besar untuk Indonesia Maju di Bandung, Selasa (21/6/2022).

Oleh karena itu, Erick berharap masyarakat, terutama yang saat ini masih menjadi mahasiswa untuk bersiap. Menurut Erick, ekonomi digital saat ini masuk ke gelombang ketiga dan dia berharap Indonesia bukan hanya bisa jadi target pasar semata.

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Erick Sebagai Capres Naik Signifikan di Jatim

-
Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. (ist)

"Kita secara bersama-sama seperti pada masa awal Covid-19, mengambil peran masing-masing. Ada yang infrastruktur, ada yang membangun masyarakat digital, dan akselerasi digital," kata Erick.

Adapun di Kementerian BUMN tengah fokus mengembangkan tiga hal sebagai optimalisasi transformasi digital Indonesia, meliputi pengembangan infrastruktur digital, pembangunan masyarakat digital, dan akselerasi ekosistem digital.

Melalui Telkom dan Telkomsel, Kementerian BUMN tengah mengembangkan infrastruktur digital untuk mengoptimalkan potensi bisnis teknologi dan digitalisasi.

Saat ini, BUMN membangun data center dan cloud guna mendukung aktivitas bisnis, pengembangan fiber optik demi konektivitas sepanjang 165.805 km, dan akan segera meluncurkan jaringan 5G BTS di sembilan kota demi mendukung industri 5.0.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X