The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Roy Suryo Ngaku Serahkan Identitas Pengunggah Pertama Meme Stupa Candi Borobudur
Roy Suryo (kanan) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
News

Roy Suryo Ngaku Serahkan Identitas Pengunggah Pertama Meme Stupa Candi Borobudur

Diperiksa di Polda Metro Jaya.

Kamis, 30 Juni 2022 20:46 WIB 30 Juni 2022, 20:46 WIB

INDOZONE.ID - Roy Suryo sudah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Polda Metro Jaya hari ini, Kamis (30/6/2022). 

Dalam pemeriksaan itu, Roy mengaku menyerahkan identitas akun pengunggah pertama meme tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

"Kita tadi sudah memberikan beberapa bukti-bukti dari akun Twitter yang menurut kami adalah orang yang pertama melakukan edit foto meme stupa Candi Borobudur tersebut," kata Pitra.

Baca Juga: Tiba di Polda Metro Jaya, Roy Suryo Diperiksa soal Meme Stupa Candi Borobudur

Roy sendiri diperiksa dimulai dari sekitar pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 17.00 WIB. Dalam kesempatan yang sama, Roy mengungkap jika dirinya mendapat apresiasi dari penyidik terkait bukti yang diberikannya.

"Saya bahkan memberi petunjuk yang sangat diapresiasi oleh kepolisian dan penyidik. Karena saya tidak hanya menyebut nama akunnya, tidak hanya menyebut tanggal berapa dia posting, tapi melacak jejak digitalnya sehingga nama orang aslinya, akun yang pertama yang mengupload pada tanggal 7 juni 2022 itu sudah diketahui oleh kepolisian," beber Roy.

Sebagai informasi, unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi yang diunggah oleh Roy Suryo di Twitter berbuntut panjang. Dia dilaporkan oleh sejumlah pihak ke Polda Metro Jaya bahkan ke Bareskrim Polri.

Bareskrim Polri sudah melimpahkan penanganan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya. Di sisi lain, Polda Metro juga sudah menaikan status kasus itu dari penyelidikan ke penyidikan yang artinya polisi menemukan unsur pidana dalam kasus tersebut.

Tak tinggal diam, Roy Suryo juga membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya terkait pembuat dan pengunggah pertama meme tersebut.

Tepat pada hari ini, Roy mendatangi Polda Metro Jaya. Kedatanganya untuk menjalani pemeriksaan dirinya sebagai pelapor tekait pengunggah pertama dan pengedit meme itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US