The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Melihat Kawasan Jalan Soekarno di Purwokerto yang Baru Diresmikan Puan Maharani
Kawasan Jalan Soekarno di Purwokerto, Jawa Tengah yang baru diresmikan Puan Maharani, Rabu (6/7/2022). (INDOZONE/Harits Tryan)
News

Melihat Kawasan Jalan Soekarno di Purwokerto yang Baru Diresmikan Puan Maharani

Rabu, 06 Juli 2022 16:24 WIB 06 Juli 2022, 16:24 WIB

INDOZONE.ID - Kawasan Jalan Soekarno yang berada di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, baru saja diresmikan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Jalan Soekarno itu menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya.

Kawasan Jalan Soekarno berada di lahan seluas 50 hektare. Kemudian di sana juga terdapat menara pandang Purwokerto bernama Menara Teratai yang menarik perhatian.

Menara Teratai adalah menara setinggi 99 meter dan terdiri dari 5 lantai. Bangunan ini disebut-sebut merupakan landmark dari Kabupaten Banyumas.

Jalan Soekarno
Menara Teratai di kawasan Jalan Soekarno, Purwokerto, Jawa Tengah. (INDOZONE/Harits Tryan)

Untuk nilai pembangunan menara Teratai yakni sebesar Rp65 miliar, dengan menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Di menara Teratai ada juga patung-patung Bung Karno.

Jika masyarakat ingin melihat kota Purwokerto dari ketinggian, maka bisa naik ke atas. Pemandangannya pun terbilang menarik, namun masih disuguhi bangunan dan tanah kosong karena baru sebagian yang dibangun.

Baca Juga: Mulai Akhir Tahun 2022, Uji Emisi di Jakarta Jadi Syarat Perpanjang STNK

Jalan Soekarno
Menara Teratai di kawasan Jalan Soekarno, Purwokerto, Jawa Tengah. (INDOZONE/Harits Tryan)
Jalan Soekarno
Patung Bung Karno di kawasan Jalan Soekarno, Purwokerto, Jawa Tengah. (INDOZONE/Harits Tryan)

Di kawasan Jalan Soekarno terdapat Convention Hall Putera Sang Fajar. Tempat ini adalah gedung pertemuan dengan ukuran 54x30 meter dengan teridiri dari 1 lantai dan lantai mezzanine. Untuk nilai pembangunan Convention Hall Putera Sang Fajar senilai Rp11 miliar dengan dana PEN.

Beranjak ke sebelahnya, ada sebuah sentra kuliner dengan nama Madhang Manik Park. Tempat ini bisa menampung 24 Stand Kuliner dengan nilai pembangunan sebesar Rp6,4 miliar.

Nantinya, di kawasan Jalan Soekarno akan dibangun tempat ibadah bagi semua agama yang diakui di Indonesia. Lalu, ke depannya turut dibangun kolam retensi oleh Pemerintah Banyumas.

Bahkan nantinya para anggota DPRD Banyumas direncakan bakal berkantor di kawasan Jalan Soekarno. Saat ini, kantor wakil rakyat tersebut masih dalam tahap pembangunan fase 1 dengan nilai anggaran Rp9 miliar. Kemudian untuk tahapan ke 2, anggarannya sebesar Rp33,75 miliar berasal dari APBD.

Tempat menariknya lainnya yang berada di kawasan Jalan Soekarno adalah Jembatan Proklamator. Jembatan ini  merupakan bagian dari Jalan Bung Karno sepanjang 2,08 km dan lebar 15 meter. Untuk pembangunannya menggunakan dana APBD & APBN senilai Rp47,5 milyar.

Jalan Soekarno
Jembatan Proklamator di kawasan Jalan Soekarno, Purwokerto, Jawa Tengah. (INDOZONE/Harits Tryan)

Hari ini Rabu (6/7/2022), Ketua DPR RI Puan Maharani baru saja meresmikan kawasan tersebut. Dia harap kawasan Jalan Soekarno bisa membawa berkah bagi masyarakat Purwokerto.

“Kawasan Jalan Soekarno yang menyandang nama Bapak Bangsa kita semoga menjadi berkah dan kebanggaan bagi masyarakat Purwokerto,” kata Puan di Purwokerto, Rabu (6/7/2022).

Jalan Soekarno
Kawasan Jalan Soekarno di Purwokerto, Jawa Tengah yang baru diresmikan Puan Maharani, Rabu (6/7/2022). (INDOZONE/Harits Tryan)

Selain itu, Puan berharap masyarakat yang datang atau melewati kawasan ini dapat memahami gagasan-gagasan dan pemikiran Bung Karno.

“Serta meneruskan perjuangan Bung Karno,” ucap Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US