25 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Studi di Universitas Terbaik di AS

- Senin, 15 Agustus 2022 | 22:20 WIB
25 mahasiswa Indonesia yang berkesempatan mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. (Dok. IISMA)
25 mahasiswa Indonesia yang berkesempatan mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. (Dok. IISMA)

Sebanyak 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih untuk mengikuti program beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) di University California (UC) Davis tahun 2022.

Dalam sambutannya yang disampaikan pada acara kick off program IISMA di UC Davis, 12 Agustus 2022 siang hari waktu setempat. Konjen RI Prasetyo Hadi menggaku sangat senang dan bangga dengan terpilihnya 25 mahasiswa Indonesia tersebut.

“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah satu universitas terbaik di California, AS, sebagai salah satu wilayah kerja KJRI San Francisco”, kata Prasetyo

Prasetyo juga menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbudristek, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan seluruh pihak terkait di Indonesia serta UC Davis, sehingga 25 mahasiswa S1 tersebut berhasil diseleksi dan mewakili Indonesia dalam program IISMA di UC Davis.

Baca Juga: Kado Spesial Kemerdekaan, Rektor IPB Apresiasi Swasembada Beras Indonesia

Sebagai bagian dari program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, IISMA dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas SDM generasi muda Indonesia melalui kuliah satu semester di universitas ternama luar negeri termasuk AS. Salah satu program beasiswa yang menarik untuk diikuti selain jenis beasiswa yang sudah umum dikenal yaitu program beasiswa S2 dan S3.

Prasetyo lebih lanjut menambahkan bahwa dalam konteks hubungan bilateral Indonesia-AS di wilayah kerja KJRI San Francisco, program peningkatan kapasitas dengan menggandeng kampus-kampus ternama telah menjadi bagian prioritas pengembangan kerja sama pendidikan dan sosial budaya. 

“KJRI San Francisco terus mengupayakan close engagement dengan berbagai universitas di wilayah kerjanya, termasuk dengan beberapa perguruan tinggi di San Francisco Bay Area, seperti Stanford, UC Berkeley, UC Santa Cruz, dan UC Davis," terang Prasetyo. 

Susan Catron, Dekan Fakultas Pendidikan Profesi dan Lanjutan UC Davis yang juga hadir dalam acara kick off, mengemukakan bahwa tahun ini merupakan tahun kedua kampus tersebut menjadi university host bagi program IISMA yang digagas Pemerintah Indonesia. 

“Sebagai kampus negeri nomor satu dalam kategori keragaman, inklusivitas dan keterbukaan internasional di AS, UC Davis siap untuk memberikan dan memfasilitasi pembelajaran yang terbaik bagi putra-putri terbaik Indonesia yang mengikuti program IISMA,” imbuhnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, Michael Lazzara, Deputi Wakil Rektor Urusan Global UC Davis yang juga berkesempatan hadir, mengungkapkan UC Davis sebagai salah satu universitas unggulan di AS, berkomitmen mendukung seluruh peserta IISMA, antara lain dengan menyiapkan pembelajaran 20 SKS sesuai komitmen yang telah disepakati dengan Kemendikbudristek.

“Sehingga implementasi studi melalui skema IISMA tidak hanya akan memberikan pengalaman studi internasional bagi para mahasiswa tetapi juga menfaat akademis melalui pendekatan multidisipliner yang nantinya akan dapat dikonversikan sesuai kurikulum di perguruan tinggi masing-masing di Indonesia”, jelas Michael. 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X