DPR Pertanyakan Kemungkinan Polisi Peraih Adhi Makayasa Diperiksa soal Kasus Ferdy Sambo

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 22:17 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR terkait kasus pembunuhan Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo, Rabu (24/8/2022). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR terkait kasus pembunuhan Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo, Rabu (24/8/2022). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mendesak agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap peran-peran anggota Polri yang terlibat dalam kasus kematian Brigadir J. Total sejauh ini ada 97 polisi yang diperiksa terkait pelanggaran etik, salah satunya diduga penerima penghargaan Adhi Makayasa.

“Sedang berlangsung sidang kode etik, hemat saya, kalau sudah berlangsung terutama yang sudah tersangka bisa langsung diputuskan," kata Trimedya dalam rapat bersama Kapolri, Rabu (24/8/2022).

Dikatakan Trimedya, Kapolri tidak menggantung status para anggota Polri yang tengah menjalani sidang etik. Seharusnya yang sudah berstatus tersangka bisa langsung diputuskan dalam kasus etik.

“Tolong jangan-jangan dipending, karena ada keluarganya menyampaikan dengan peran yang minim, tapi sudah muncul stigma pada keluarganya, pembunuh, padahal perannya minim sekali,” tuturnya.

Selain itu, Trimedya meminta kepada Kapolri untuk dapat mengeluarkan nama yang tengah diperiksa dalam dugaan pelanggaran etik karena terlibat kasus Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Kapolri Ungkap Sosok Fahmi Alamsyah, Penasihat Ahli yang Dekat dengan Ferdy Sambo

Sebab berdasarkan informasi yang didengarnya, di antara puluhan anggota polisi yang tengah diperiksa dalam pelanggaran etik, ada seorang penerima Adhi Makayasa.

"Itu ada seorang Adhi Makayasa yang termasuk, dan apa peran dia, tidak gampang orang jadi Adhi Makayasa," tandasnya.
 

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan POLRI, yaitu Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang). 

Penerima penghargaan ini adalah personel yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di 3 aspek yakni akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). 

Penghargaan Adhi Makayasa secara langsung diberikan oleh Presiden Republik Indonesia (atau perwakilan atas nama Presiden).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X