Polisi Pastikan Penyerang Kantor MUI Bergerak Sendiri, Bukan Jaringan Teroris

- Sabtu, 6 Mei 2023 | 12:15 WIB
Jenazah pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat tiba di Rumah Sakit Bhayangkara TK I Raden Said Sukanto (RS Polri), Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/5/2023). (ANTARA/Syaiful Hakim)
Jenazah pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat tiba di Rumah Sakit Bhayangkara TK I Raden Said Sukanto (RS Polri), Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/5/2023). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Polda Metro Jaya memastikan Mustopa bergerak sendirian saat menyusun rencana, hingga melakukan penyerangan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dipastikan, tidak ada aktor-aktor lain di belakang pekaku. Hal itu diungkap oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi.

"Satu lagi yang menjadi catatan tidak ada aktor yang ada di belakangnya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan, Sabtu (6/5/2023).

Baca juga: Penyerang MUI Ngaku Nabi tapi Gak Bisa Ngaji dan Bukan Ahli Agama

Hengki memastikan jika Mustopa juga tidak tergabung ke dalam jaringan teroris manapun. Dia juga tidak masuk ke dalam kategori teroris yang melakukan penyerangan seorang diri atau lone wolf.

"Kemudian bukan wujud dari pada lone wolf atau serangan teror yang dilaksanakan seorang diri," beber Hengki.

-
Anggota Brimob berjaga usai kejadian penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (2/5/2023). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Dikuatkan oleh Keterangan Saksi

Lebih jauh Hengki menyebut hal ini dikuatkan dari keterangan puluhan orang saksi yang sudah diperiksa oleh pihaknya. Saksi itu sendiri mulai dari pihak MUI hingga keluarga dari Mustopa.

"Hal ini sejalan dengan hasil penyelidikan kami terhadap 39 orang saksi baik terhadap internal MUI Pusat juga MUI Lampung, warga sekitar dan pihak-pihak lain termasuk terkait senjata," kata Hengki.

Baca juga: Spek Pistol Penyerang Kantor MUI, Polisi: Dimodif Dikit Bisa Mematikan!

Sebelumnya, Mustopa, pria asal Lampung nekat menyerang Kantor MUI di Jakarta Pusat pada Selasa (2/5/2023) siang. Mustopa menyerang dengan menggunakan pistol jenis air soft gun dan melepaskan tiga tembakan.

Dari catatan pihak kepolisian, pelaku rupanya juga pernah beraksi merusak kantor DPRD Lampung. Namun, dia sudah menjalani hukuman. Pelaku melakukan aksinya disebut-sebut lantaran ingin diakui sebagai wakil nabi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X