Pesawat Lion Air Gagal Mendarat di Kendari, Ini Penjelasan Pihak Maskapai

- Jumat, 19 Mei 2023 | 07:20 WIB
Ilustrasi pesawat Lion Air yang sedang take off. (ANTARA)
Ilustrasi pesawat Lion Air yang sedang take off. (ANTARA)

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-992 rute Makassar-Kendari gagal mendarat dan mengudara kembali (go around) ke jalur penerbangan disebabkan cuaca buruk saat akan landing di Bandara Haluoleo, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (18/5/2023).

Melalui keterangan resminya, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa penerbangan nomor JT-992 mengudara dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 12.16 WITA tersebut yang membawa 224 orang.

Baca Juga: 8 Tips Membeli Aman Tiket Pesawat Saat Mudik Lebaran, Perhatikan Rute, Jadwal dan Harga

"Dioperasikan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900ER dengan registrasi PK-LFG, membawa tujuh awak kabin dan total 217 penumpang yang terdiri dari 211 dewasa, dua anak-anak, dan empat balita," kata Danang Mandala Prihantoro.

Dijelaskan bahwa penerbangan JT-992 tersebut mengalami pembatalan proses pendaratan pesawat dan mengudara kembali ke jalur penerbangan (go around) dikarenakan kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Baca Juga: Ini Jawaban Lion Air Dituding Kerjasama dengan Maskapai Rusia yang Lagi Diembargo AS

"Berupa kecepatan angin dan arah angin yang berubah secara mendadak, mengakibatkan kecepatan pesawat melebihi batas ketentuan untuk mendarat, sesuai dengan persyaratan operasional dan standar keselamatan penerbangan," ungkapnya.

Keputusan pilot untuk melakukan go around tersebut, lanjutnya, telah diambil dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan penerbangan yang berdasarkan pada informasi cuaca aktual yang terpantau melalui radar di dalam pesawat.

"Pilot dan awak kabin juga memberikan informasi yang diperlukan kepada seluruh penumpang mengenai kondisi dimaksud," tutur Danang Mandala Prihantoro.

Selama go around dilakukan, lanjut dia, pilot pesawat JT-992 tetap berkoordinasi dengan petugas darat dan pengatur lalu lintas udara untuk memastikan langkah-langkah yang tepat diambil demi mengutamakan keamanan penerbangan.

"Setelah kondisi cuaca membaik dan memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan, pilot berhasil mendaratkan pesawat secara normal di Bandar Udara Haluoleo, Konawe Selatan pada pukul 13.25 WITA," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa atas tindakan tersebut, pihak Lion Air memberikan apresiasi kepada pilot dan awak pesawat yang telah menjalankan tugas mereka dengan profesional dalam menghadapi situasi penerbangan JT-992.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X