Kabel PLN Tulungagung Dicuri Maling, Warga Sempat Pergoki 4 Pelaku dengan Mobil Berplat N

- Selasa, 20 Juni 2023 | 14:30 WIB
Pencurian kabel PLN Tulungagung (PLN Tulungagung)
Pencurian kabel PLN Tulungagung (PLN Tulungagung)

Dalam kurun waktu sebulan terakhir, warga Tulungagung dan sekitarnya diresahkan dengan aksi pencurian kabel listrik milik PLN ULP Tulungagung, yang mengalirkan listrik dari trafo step down ke panel distribusi menuju rumah pelanggan.

Peristiwa ini diketahui usai tiba-tiba listrik yang mengalir ke rumah warga padam tanpa pemberitahuan sebelumnya. Lalu, warga melaporkan hal ini kepada petugas PLN.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata tiga buah kabel berukuran besar yang menghubungkan trafo dan panel distribusi hilang. Hal tersebut disampaikan oleh Manajer PLN ULP Tulungagung, Resma Dwida Pantri.

Baca juga: Niat Mencuri Kabel PLN, Pria Tewas Tersengat Listrik di Dalam Gorong-gorong di Tangerang

-
Polisi berada di lokasi pencurian kabel PLN Tulungagung (PLN Tulungagung)

Dia mencatat, pencurian pertama terjadi pada akhir Mei 2023 lalu. Kala itu, lima trafo yang ada di wilayah kerjanya menjadi korban aksi pencurian ini.

Pelaku pencurian sempat terekam CCTV di sekitar Jalan Pahlawan Desa Rejoagung Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Namun, karena kondisi yang gelap, polisi kesulitan meakukan pendalaman.

"Sempat terekam CCTV di sekitar pizza hart jalan pahlawan Tulungagung, tapi kondisi sekitar masih gelap, rupanya itu juga terjadi di kota lain di Jawa Timur," ujar Resma.

-
Pencurian kabel PLN Tulungagung (PLN Tulungagung)

Terbaru, pelaku kembali beraksi di dua lokasi yakni di desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol dan di desa Bangoan kecamatan Kedungwaru kabupaten Tulungagung.

Komplotan yang diduga masih satu jaringan ini beraksi pada Jumat (16/06/2023) pagi menjelang subuh.

"Jadi modusnya sama, yakni pas pagi hari saat banyak orang masih tidur," jelasnya.

Baca juga: Dorong Perekonomian Istri Nelayan Jepara, Ini Program PLN Peduli dan BenihBaik

Resma menjelaskan, aksi mereka kali ini dipergoki warga yang ada di Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Menurut keterangan saksi, pelaku berjumlah 4 orang, mereka menggunakan mobil berwarna hitam dengan plat nopol berawalan huruf N.

Namun saksi tidak bisa merinci lebih detail, sebab begitu ketahuan warga, mereka langsung kabur dan meninggalkan lokasi dan kabel yang belum sepenuhnya terpotong secara sempurna.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X