BEM Nusantara Gelar Pratemu Nasional, Ini yang Disampaikan

- Kamis, 22 Juni 2023 | 15:26 WIB
BEM Nusantara. (Ist)
BEM Nusantara. (Ist)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara menyelenggarakan Pratemu Nasional BEM Nusantara yang ke-XIV di Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Kamis (22/6/2023). 

Acara yang mengusung tema 'Meneguhkan Nilai-Nilai Kebangsaan sebagai Pilar Persatuan Bangsa Indonesia' ini, dihadiri oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. 

Turut hadir Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Ahmad Farich, perwakilan Pemprov Lampung, perwakilan Polda Lampung, Founder Kolaborasi Milenial Indonesia, Dimas Prayoga, Koordiator BEM Nusantara dari setiap daerah di Indonesia serta ribuan mahasiswa. 

Koordinator Pusat BEM Nusantara, Achmad Supardi menyampaikan gagasan-gagasan yang relevan mengenai pendidikan, sosial, kesehatan hingga peran mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. 

"Kita bangsa yang besar, luas, tidak bisa dikendalikan oleh satu orang, tidak bisa dikendalikan oleh satu kelompok saja, kami harus bersama-sama, bahu membahu untuk meneguhkan nilai-nilai kebangsaan," kata Ardi sapaan Achmad Supardi dalam sambutannya. 

Ardi menuturkan pentingnya peran pendidikan dalam pembangunan bangsa. Ia berpendapat bahwa akses pendidikan yang merata dan berkualitas harus menjadi prioritas utama. 

Ardi mengusulkan berbagai langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualifikasi guru, pengembangan kurikulum yang relevan dengan tuntutan zaman, serta pemberian bantuan pendidikan kepada masyarakat yang kurang mampu. 

"Didunia pendidikan, saya yakin betul bahwa Indonesia akan kokoh, akan maju, kalau mau merubah mindset," tegasnya. 

Selain itu, dalam konteks kesehatan, Ardi menegaskan bahwa pelayanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas, dan merata di seluruh wilayah Indonesia merupakan hak yang harus dijamin oleh negara. 

Dia mengusulkan upaya untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan, peningkatan jumlah fasilitas kesehatan, penguatan sistem rujukan, serta peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat. 

Dengan mengintegrasikan gagasan-gagasan mengenai pendidikan dan kesehatan ke dalam Pertemuan Nasional BEM Nusantara ke-XIV, Ardi mengemukakan hal itu sebagai komitmen BEM Nusantara dalam membangun bangsa yang berkualitas, sehat, dan berdaya saing. 

Ardi percaya bahwa pendidikan berkualitas hingga pelayanan kesehatan yang baik adalah fondasi dalam membangun masyarakat yang maju dan lebih sejahtera. 

"Kami yakin dengan kehadiran teman-teman dan semangatnya, InsyaAllah Indonesia kedepan akan jauh lebih baik daripada hari ini," katanya. 

Ardi menyebut gagasan-gagasan mengenai pendidikan hingga kesehatan yang disampaikan dalam forum itu, merupakan refleksi dari kepedulian BEM Nusantara terhadap pembangunan bangsa secara holistik. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X