BRI Mulai Salurkan KUR Rp12 Triliun untuk Maret 2023!

- Selasa, 7 Maret 2023 | 22:01 WIB
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari (istimewa)
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari (istimewa)

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah terbukti membantu permodalan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pada Desember 2022 lalu. Pemerintah mendorong seluruh lembaga keuangan termasuk bank untuk berkontribusi dalam pengembangan UMKM sekaligus menggerakkan ekonomi nasional untuk tumbuh dengan baik dan berkeadilan.

Sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mulai menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 pada 6 Maret 2023. Penyaluran KUR tersebut dilakukan setelah terbitnya perangkat kebijakan KUR tahun 2023 seperti Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Permenko No 1 Tahun 2023 dan perangkat pendukung lainnya.

Terkait dengan penyaluran KUR Tahun 2023, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR sebesar Rp270 triliun dari alokasi KUR oleh pemerintah sebesar Rp450 triliun pada tahun ini. Untuk tahap awal pencairan KUR 2023 pada Maret ini, telah dialokasikan KUR sebesar Rp12 triliun.

-
Ilustrasi BRI dan pelaku UMKM (Istimewa)

Baca Juga: Dirut BRI: 2023 Tahun Ekspansi, Masyarakat Jangan Takut Nabung dan Pinjam Kredit di Bank

Sebagai informasi, BRI menyalurkan KUR dengan total sebesar Rp.52,38 triliun kepada 6,5 juta debitur dengan mayoritas disalurkan kepada sektor produksi di sepanjang tahun 2022 lalu. BRI juga menjaga kualitas KUR yang disalurkan, hal tersebut tercermin dari NPL KUR BRI pada akhir Desember 2022 sebesar 0,83 persen.

Supari menambahkan, bahwa digitalisasi memberikan dampak positif terhadap penyaluran KUR BRI.

“Melalui BRISPOT, BRI dapat terus memperbarui operating model end to end tenaga pemasar, yang berdampak terhadap produktivitas 27 ribu mantri BRI. Berkat keberadaan BRISPOT, BRI saat ini mampu mencairkan KUR sebesar Rp 1 triliun per harinya,” jelasnya, Selasa (7/3/2023).

Tidak hanya fokus dalam penyaluran, BRI juga telah menyiapkan strategi untuk menjaga kualitas kredit KUR yang disalurkan, di antaranya melalui optimalisasi success rate restruk, monitoring secara berkala penyaluran KUR, serta menggunakan data analytic untuk memperkuat proses credit underwriting.

Baca Juga: Lewat Rumah BUMN, BRI Bantu Promosikan Keunikan Sepatu & Sandal Rajut dari Tarutung

“Selain menyalurkan KUR, BRI berkomitmen akan terus berperan aktif membantu pemerintah dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha mikro Indonesia melalui financial literacy, social economic empowerment, digital penetration, dan penyaluran program-program Pemerintah. Hal tersebut tak lain untuk mendorong momentum pertumbuhan perekonomian grass root serta untuk mendukung penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia”, tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X