Kondisi Kim Jong Un Baik, Korea Utara Dinilai Jadi Kunci Geostrategi di Asia Timur

- Senin, 27 April 2020 | 15:38 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (KCNA via REUTERS)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (KCNA via REUTERS)

Simpang siur kabar kesehatan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un terjawab setelah penasehat keamanan nasional Korea Selatan (Korsel) Moon Ching-in mengungkapkan jika kondisi Kim Jong Un masih hidup dan baik-baik saja. Sehingga kabar kematian Kim Jong Un dinilai sebuah spekulasi atau dugaan yang tidak berdasarkan kenyataan.

“Sejak awal, saya menduga informasi kesehatan Kim Jong Un itu terlalu spekulatif,” kata pengamat Hubungan Internasional Teguh Santosa saat berbincang dengan Indozone, melalui sambungan telepon, Senin (27/4/2020).

Lebih lanjut, Teguh menilai jika Korea Utara saat ini merupakan kunci Geostrategi di Asia Timur. Mengingat, para pemimpin negara besar seperti China dan Amerika Serikat menunjukan sikap yang baik saat menghadapi isu kematian Kim Jong Un yang sempat ramai.

“Saya pikir Korea Utara itu memegang kunci geostrategi di Asia Timur, baik China ataupun Amerika Serikat membutuhkan Korea Utara. Kita sama-sama tahu lah, Donald Trump yang dulu sempat menjuluki Kim Jong Un roket dan segala macam, belakangan sangat respect ke Kim Jong Un,” kata Teguh.

-
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (KCNA via REUTERS)

Teguh mengatakan Korea Utara telah melakukan banyak hal positif terkait komunikasi dengan beberapa negara, apalagi banyak negara saat ini tengah menghadapi masa sulit karena Covid-19. Sehingga hal tersebut menjadi bukti meredanya ketegangan politik dunia.

“Jadi yang dibutuhkan orang di Asia Timur adalah peredaan ketegangan, dan itu sebenarnya sudah terjadi. Kita bisa lihat Moon Jae In di Korea Selatan dan Kim Jong Un di Korea Utara memiliki komunikasi politik yang sangat baik, dan Kim Jong Un juga bisa menjaga komunikasinya yang baik dengan Amerika Serikat dan China, jadi ini adalah kunci dari stabilitas geopolitik dan geostrategis di Asia Timur,” jelas Teguh.

Sebelumnya diketahui menurut laman Wikipedia, Geostrategi adalah jenis kebijakan luar negeri yang dipandu oleh faktor geografi. Faktor-faktor ini melengkapi, menghambat, atau memengaruhi perencanaan politik dan militer. Layaknya semua strategi, geostrategi berusaha menyamakan cara dengan hasil, dalam hal ini sumber daya suatu negara dengan tujuan geopolitiknya (lokal, regional, atau global).


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X