6 Alasan yang Membuat Pasangan Suami Istri Bercerai

- Jumat, 28 Juni 2019 | 16:44 WIB
Thinkstock
Thinkstock

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang baik-baik saja, langgeng sampai maut memisahkan. Namun ternyata dalam perjalanannya, mewujudkan itu bukanlah hal mudah. 

Berbagai masalah kerap kali menjadi ujian dalam sebuah pernikahan. Masalah itu pun bukan hanya datang dari pasangan suami istri, tapi bisa juga dari faktor di luar pernikahan.

Hingga, seringkali masalah tersebut membuat pasangan suami istri mengambil cara penyelesaiannya dengan sebuah perceraian. Rasanya, semua orang yang pernah menikah tidak ada yang menginginkan perceraian itu.

Dari sekian banyak alasan yang membuat pasangan suami istri bercerai, berikut ini 6 di antaranya:

1. Niat Menikah Bukan Karena Cinta

-
Pixabay

Ada sebagian orang yang memutuskan menikah karena ingin terhindar dari masalah dan tuntutan orang-orang disekitarnya. Padahal, pernikahan yang sesungguhnya haruslah berawal dari rasa cinta kedua pasangan. Inilah yang kemudian membuat seseorang memutuskan berpisah dari pasangan karena tidak memulainya dengan hati tulus.

2. Sering Bertengkar dan Saling Benci

-
madeirinha.today

Perceraian bisa timbul karena kedua pasangan tidak ada yang mau mengalah. Masing-masing merasa yang paling benar. Seharusnya, dalam sebuah pernikahan, harus ada salah satu pihak yang mengalah. Hal ini akan mengurangi pertengkaran. Namun kalau ternyata justru sebaliknya, maka kehidupan rumah tangga hanya akan dipenuhi dengan rasa benci satu sama lain.

3. Merasa Muak dengan Perlakuan Pasangan

-
Pixabay

Ketika sudah tidak lagi peduli dengan pasangan, ini menandakan bahwa rumah tangga itu sudah diujung tanduk. Timbullah rasa muak dan acuh. Jika ini terjadi, maka dapat diprediksi keduanya akan segera berpisah. Apalagi, kalau ternyata alasan muak ini bermula dari perlakuan pasangan yang tidak terkontrol. Misalnya, sering berbuat kasar, baik dalam hal verbal, seksual, emosional, atau finansial.

4. Perselingkuhan

-
Shutterstock

Ini adalah masalah serius. Jika salah satu dari pasangan ada yang melakukan ini, berarti sudah tidak ada lagi komitmen dan kesetiaan. Selingkuh susah dihilangkan kalau sudah sekali saja dilakukan. Jalan terbaik bagi pasangan adalah memang harus berpisah.

5. Pasangan Suka Berbohong dan Cemburu Buta

-
Pixabay

Perpisahan bisa saja disebabkan karena alasan ini, di mana salah satu pasangan bersifat overprotective yaitu terlalu menjaga. Biasanya, ini membuat salah satu pasangan cenderung mengekang pergerakan pasangannya, bahkan untuk hal-hal wajar. Belum lagi, kalau salah satunya ada yang suka berbohong.

6. Merasa Nyaman Kalau Hidup Tanpa Pasangan

-
Pixabay

Nah, yang satu ini bisa terjadi kalau sudah tidak ada lagi rasa nyaman dengan pasangan. Biasanya, seseorang akan lebih memilih untuk sendiri dan sangat siap melanjutkan hidup tanpa pasangan. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X