Tim Medis TNI AD Bersama IDI Mulai Bekerja di Wisma Atlet Hari Ini

- Senin, 23 Maret 2020 | 08:25 WIB
Panglima TNI meninjau Wisma Atlet, Minggu (22/3/2020). (dok. Puspen TNI)
Panglima TNI meninjau Wisma Atlet, Minggu (22/3/2020). (dok. Puspen TNI)

Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskes TNI AD) mengirimkan sejumlah personel dokter dan tenaga kesehatan TNI Angkatan Darat guna melaksanakan misi kemanusiaan di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Para personel tersebut mulai bertugas hari ini, Senin (23/3/2020) dan akan bertugas selama sebulan ke depan. 

Setidaknya ada 11 dokter spesialis dan 30 dokter umum Angkatan Darat yang diperbantukan untuk menangani pasien Covid-19 yang jumlahnya terus meningkat. 

"Selain dokter, Puskes Angkatan Darat juga mengirimkan seorang personel apoteker, dua orang personel asisten apoteker, lima personel analis laboratorium, lima personel penata rontgen, 50 perawat umum dan 50 personel non medis dalam misi tersebut," Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Mayor Jenderal Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H.

-
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Untuk mendukung operasional RS Darurat ini, Angkatan Darat bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Ketua Terpilih PB IDI, dr. Moh Adib Khumaidi, SpOT ditemani Wakil Kepala Puskes TNI AD Brigjen TNI dr. Agung Hermawanto, mengecek langsung kesiapan Rumah Sakit Darurat tersebut sebelum digunakan.

"IDI terlibat penuh bersama tim medis Angkatan Darat dan Kementerian Kesehatan untuk menjalankan operasional Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," ujar dr Adib yang juga merupakan Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), Senin, (23/3/2020). 

Untuk diketahui, Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet ini dapat menampung kurang lebih 2.500 pasien dan tentunya akan diklasifikasi, mana yang harus masuk di ruang isolasi dan ruang observasi.

-
Wisma Atlet Kemayoran disulap menjadi Rumah Sakit Darurat Virus Corona. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X