7 Penampakan Awan Aneh di Dunia, dari Cincin Hingga Lubang Besar

- Kamis, 18 Juli 2019 | 16:17 WIB
photo/Youtube/YtCrash
photo/Youtube/YtCrash

Bila diperhatikan, ada banyak sekali kejadian alam berupa bentuk awan yang menyerupai sesuatu. Misalnya saja, awan yang tampak seperti lubang besar, gulungan tebal, hingga terlihat seperti pusaran badai.

Beberapa pendapat mengatakan, bentuk-bentuk awan itu terjadi karena ada pengembunan atau pemadatan uap air di dalam udara setelah mencapai titik jenuh. Beberapa kali fenomena awan yang unik sampai membuat takjub banyak orang.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut ini 7 penampakan awan aneh yang pernah terjadi di belahan dunia, Kamis (18/7):

1. Mammatus

-
photo/Youtube/YtCrash

Dalam istilah meteorologikal, mammatus adalah bentuk gumpalan awan menggantung. Disebut mammatus karena berasal dari dua kata Latin, yaitu Mamma artinya puting atau payudara. Bisa dilihat dalam foto ini, sekilas memang bentuknya seperti payudara.

2. Cincin Merah

-
photo/Youtube/YtCrash

Pernah juga terjadi fenomena awan berbentuk seperti cincin dengan garis pinggirnya berwarna merah. Namun, belum ada keterangan ilmiah terkait fenomena awan aneh ini.

3. Cirrus Kelvin Helmholtz

-
photo/Youtube/YtCrash

Fenomena awan ini pernah terjadi di Smith Mountain Lake, Virginia pada Selasa (18/6). Bentuk awan menyerupai gelombang laut. National Weather Service mendefinisikan fenomena tersebut sebagai gelombang vertikal di udara karena ada geseran angin kencang.

4. Booker Supercell

-
photo/Youtube/YtCrash

Badai petir besar ini melibatkan gulungan awan besar yang berjalan. Booker supercell juga disebut dengan badai petir berputar.

5. Morning Glory

-
photo/Youtube/YtCrash

Awan morning glory berbentuk gulungan panjang yang tebal. Ini pernah terjadi dan termasuk salah satu fenomena awan langka dan aneh di dunia.

6. Skypunch

-
photo/Youtube/YtCrash

Beberapa orang menyebut awan skypunch ini seperti UFO. Ya, bentuknya memang seperti lubang besar. Fenomena ini bisa terjadi di wilayah-wilayah dengan suhu rendah.

7. Tsunami Clouds

-
photo/Youtube/YtCrash

Seperti namanya, bentuk awan ini seperti gelombang tsunami besar. Konon katanya, fenomena ini disebabkan karena arus udara dingin dari angin laut. Namun, beberapa pendapat menyebutkan apabila awan seperti ini muncul, maka itu pertanda akan datang sebuah badai besar dalam waktu dekat.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X