Bus Sriwijaya yang Masuk Jurang Sudah Beroperasi Selama 20 Tahun

- Selasa, 24 Desember 2019 | 14:00 WIB
ANTARA FOTO/Kiki/Lmo
ANTARA FOTO/Kiki/Lmo

Kepala Operasional Perusahaan Otobus (PO) Sriwijaya Express Bengkulu, Aji Supriadi mengatakan, bus Sriwijaya yang jatuh ke ke jurang di Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan telah beroperasi selama 20 tahun.

Bus Sriwijaya itu masuk ke jurang pada Senin (23/12) malam, dan mengakibatkan 25 orang meninggal dunia.

-
ANTARA FOTO/Handout/Dok Basarnas Palembang

"Kendaraan itu dibeli tahun 1999. Kita cek terus secara berkala berdasarkan peraturan. Mati KIR mobil itu sekitar bulan Februari tanggal 26 nanti. Pajaknya hidup," kata Aji.

Aji menjelaskan, bus tersebut dibeli oleh PO Sriwijaya Express pada 1999. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya selalu melakukan pemeriksaan terhadap semua bus, termasuk Bus Sriwijaya dengan nomor polisi BD 7031 AU yang jatuh ke jurang.

Ia mengungkapkan, surat pemeriksaan kendaran berkala atau uji KIR bus tersebut terakhir dilakukan 6 bulan yang lalu, dan akan berakhir pada 26 Februari 2020.

-
ANTARA FOTO/Handout/Dok Basarnas Palembang

Aji juga memastikan bahwa pajak Bus Sriwijaya tersebut dalam kondisi hidup.

Dilansir dari ANTARA, Aji menjelaskan Bus Sriwijaya yang jatuh ke jurang itu selama ini melayani rute Provinsi Bengkulu, Kota Palembang dan Jakarta.

-
ANTARA FOTO/Handout/Dok Basarnas Palemban

Sebelum jatuh ke jurang, bus tersebut diketahui baru kembali ke Bengkulu setelah melayani rute dari Kota Palembang-Bengkulu.

"Mobil ini melayani rute ke Palembang terus ke Jakarta. Sebelum berangkat itu mobil itu dicek di sini (di kantor), nota-nota pembelian alat mobil itu masih ada yang tanggal kemarin itu," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno mengatakan, bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap insiden tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui apa penyebab Bus Sriwijaya itu masuk jurang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X