The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bertahun-tahun Jadi Misteri, Akhirnya Arsitek Menara Pisa Terungkap
Wikipedia/instagram/@secretagent_wesanderson
News

Bertahun-tahun Jadi Misteri, Akhirnya Arsitek Menara Pisa Terungkap

Rabu, 25 Desember 2019 11:16 WIB 25 Desember 2019, 11:16 WIB

INDOZONE.ID - Menara Pisa adalah satu dari tujuh keajaiban dunia yang diakui UNESCO. Bangunan bersejarah ini juga jadi destinasi wisata favorit di Italia. Namun, sejak dulu arsitek menara ini masih menjadi misteri.

Menara Pisa sendiri memiliki ketinggian mencapai 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 dari permukaan tanah tertinggi. Bobot menara ini diperkirakan mencapai 14.500 ton dengan 294 anak tangga.

pisa
instagram/@2019havasu

Menara ini seharusnya berdiri tegak setinggi 55 meter, namun karena dibangun di atas tanah yang tidak stabil, membuat bangunan ini menjadi miring dari garis lurus sepanjang 5 meter.

Persoalan arsitek menara yang masih menjadi misteri ini akhirnya terpecahkan. Kini, para ahli telah menemukan siapa sebenarnya orang yang membangun menara tersebut.

pisa
WSBuzz.com

Arsitek yang membuat Menara Pisa ini bernama Bonanno Pisano. Bonanno diketahui menghilang saat tahu bangunan itu dalam posisi miring.

"Pria malang itu mati tertipu, tidak pernah menyadari betapa ajaibnya (Menara Pisa) itu berabad-abad kemudian," kata seorang ahli paleografi (studi tulisan kuno), Profesor Ammannati di Scuola Normale Superiore Pisa.

Para peneliti menemukan sebuah batu bertuliskan nama dalam bahasa latin di dasar menara selama penggalian tahun 1838. Hingga akhirnya di tahun 2019 ini, para peneliti bisa menganalisis garis-garis yang ada di batu tersebut. Garis itu menunjukkan nama Bonanno.

Bonanno berharap Menara Pisa yang dibangun pada tahun 1173 ini dapat menjadi monumen besar di Italia. Namun, saat mengerjakan tingkat tiga, para pekerja merasa bingung kenapa posisi bangunan itu miring.

Bonanno yang juga merasa heran dan bingung akhirnya meninggalkan bangunan itu begitu saja. Bonanno diketahui pulang ke kampung halamannya hingga meninggal di sana. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US