Ternyata Sering Bergosip Tidak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaatnya

- Jumat, 9 Agustus 2019 | 13:47 WIB
photo/Unsplash
photo/Unsplash

Bisa dibilang, hampir semua orang senang bergosip. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan fakta bahwa biasanya orang menghabiskan sekitar 53 menit per hari untuk bergosip.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa bergosip menimbulkan efek buruk. Faktanya, kebiasaan bergosip justru memberikan banyak manfaat pada diri seseorang. Penelitian dari University of Pavia di Italia mengungkapkan bahwa bergosip dapat meningkatkan kadar oksitosin atau disebut hormon cinta.

Penelitian lainnya dari University of Michigan membuktikan, seorang wanita lebih bahagia dan sehat ketika menikmati obrolan rutin dengan teman wanitanya. Hal ini dikarenakan bergosip dapat meningkatkan hormon progesteron yang bisa mengurangi tingkat kecemasan dan stres.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Jumat (9/8), berikut ini 5 manfaat bergosip yang harus kamu ketahui:

1. Meredakan Stres

-
photo/Unsplash

Peneliti mengungkapkan bahwa kebiasaan bergosip dapat membantu seseorang mengurangi kadar stres. Selain itu, bergosip juga dapat mengubah perilaku seseorang dan membuatnya merasa lebih baik.

2. Memahami Diri Sendiri

-
photo/Unsplash

Studi menyebutkan, gosip bisa membuat seseorang belajar tentang banyak hal, seperti sikap, kepercayaan, dan cara berurusan dengan orang lain. Selain itu, bergosip tidak melulu membicarakan hal negatif dari orang lain, tapi bisa juga bicara mengenai sisi positif mereka. Karena itu, secara tidak langsung kebiasaan ini membangkitkan rasa semangat seseorang untuk menjadi pribadi lebih baik.

3. Mempererat Hubungan Pertemanan

-
photo/Unsplash

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science tahun 2014 menemukan fakta kalau kebiasaan gosip bisa meningkatkan hubungan pertemanan dan kerjasama kelompok, serta melatih kemmpuan bersosialisasi.

4. Memperoleh Informasi

-
photo/employmentlawhandbook.com

Yang namanya gosip, tentu tujuannya untuk mendapatkan informasi. Seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Duke, Mark Leary mengungkapkan bahwa bergosip adalah naluri dasar manusia karena kehidupan manusia berakar dalam kelompok. Karena itu, manusia perlu memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang orang-orang di sekitarnya.

5. Menjadi Lebih Realistis

-
photo/palife.co.uk

Kebiasaan bergosip bisa mendorong seseorang berpikir lebih realistis. Dengan begitu, seseorang akan lebih siap menerima kenyataan yang akan dihadapinya, tanpa harus menyalahkan orang lain.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X