Mau Menjadi Pengusaha Sukses? Tidur yang Nyenyak!

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 16:07 WIB
Ilustrasi/Unsplash
Ilustrasi/Unsplash

Sebuah studi mengungkapkan bahwa hubungan antara tidur dan keterampilan kognitif yang diperlukan seorang pengusaha untuk mendapatkan ide-ide cemerlang dan mengevaluasinya.

Semua pengusaha disebut butuh tidur malam yang nyenyak. "Semua orang membutuhkan tidur malam yang nyenyak, tetapi ini sangat penting bagi pengusaha," ujar seorang penulis utama studi bernama Jeff Gish, yang juga merupakan asisten profesor bisnis di University of Central Florida.

Studi tersebut dipublikasikan dalam Journal of Business Venturing. Science Daily mencontohkan bos Amazon Jeff Bezos dan pendiri Huffington Post, Arianna Huffington. Dalam berbagai wawancara, kedua pengusaha sukses tersebut mengindikasikan bahwa mereka banyak tidur.

Studi itu juga melakukan survei lebih dari 700 pengusaha dari seluruh dunia mengenai pola, jam, dan jenis tidur. Kemudian, dibuatlah rancangan presentasi bisnis. Ada panel independen yang meninjaunya serta memberi peringkat mana presentasi yang paling potensial, potensial sedang, dan yang tidak potensial untuk sukses.

Para partisipan itu kemudian meninjau tiga presentasi bisnis pada hari yang sama. Mereka yang kurang tidur justru tidak konsisten presentasi bisnis terbaik. Pada bagian kedua penelitian, sekelompok kecil peserta mengevaluasi presentasi bisnis selama beberapa minggu sambil memetakan pola tidur mereka.

Para peserta yang mempunyai jam tidur selama tujuh jam setiap malam secara konsisten justru bisa melakukan presentasi bisnis terbaik yang diidentifikasi oleh panel ahli. Sementara itu, mereka yang kurang tidur tidak konsisten memilih yang terbaik.

"Bukti menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan keyakinan yang kurang akurat tentang potensi komersial dari ide usaha baru," ungkap Gish.

"Karena kami membandingkan kinerja individu selama beberapa hari, kami dapat mengatakan bahwa hasil ini konsisten bahkan untuk pengusaha yang lama tidurnya tidak sebanyak rata-rata populasi pada umumnya," lanjutnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X