Cak Imin Minta Pemerintah Redam Panic Buying di Masyarakat

- Kamis, 5 Maret 2020 | 17:45 WIB
Potret warga berbondong-bondong membeli masker dan hand sanitizer untuk mencegah virus corona. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Potret warga berbondong-bondong membeli masker dan hand sanitizer untuk mencegah virus corona. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), meminta pemerintah lakukan upaya yang dapat mengendalikan suasana panik akibat masuknya virus corona di Indonesia. Dia pun memiliki caranya, yakni dengan memastikan ketersediaan perlengkapan kesehatan serta bahan-bahan pangan.

"Pemerintah harus memastikan semuanya mencukupi, sehingga tidak ada pihak masyarakat yang dirugikan karena kehabisan sejumlah alat kesehatan dan bahan pangan," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone terkait panic buying pasca merebaknya virus corona, Kamis (5/3/2020).

Dia juga meminta masyarakat tenang terhadap munculnya fenomena panic buying terhadap perlengkapan kesehatan dan bahan-bahan pangan, yang terjadi di sejumlah wilayah sebagai dampak dari mewabahnya virus corona.

"Masyarakat agar tidak dengan mudah panik dan cermat dalam mengolah informasi terkait virus corona yang diterima, dengan terlebih dahulu mencari tahu dan memastikan kebenaran berita tersebut, serta agar masyarakat dapat menjalani hidup sehat dan bersih," imbau Cak Imin. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), memastikan pabrik produksi masker dan juga pabrik sejumlah perlengkapan kesehatan lainnya untuk menambah produksi barang-barang tersebut. Mengingat perlengkapan tersebut saat ini banyak diperlukan oleh masyarakat. 

"Pemerintah juga harus menginformasikan kepada masyarakat untuk tidak menimbun perlengkapan kesehatan maupun bahan pangan, terutama yang akan digunakan untuk keperluan komersial yang berlebihan, serta bersama aparat keamanan untuk memberikan sanksi tegas kepada para penimbun masker dan perlengkapan kesehatan lainnya yang meningkatkan harga sampai jauh dari harga normal,” tutur Cak Imin menanggapi panic buying setelah virus corona marak. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X