5 Kabar Baik Terkait Corona yang Bikin Tenang
Warga berjemur di pinggir jalan di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (1/4/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

5 Kabar Baik Terkait Corona yang Bikin Tenang

Yang sembuh meningkat.

Minggu, 05 April 2020 08:20 WIB 05 April 2020, 08:20 WIB

INDOZONE.ID - Hingga Sabtu (4/4/2020), total ada 2.092 kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia. Hal ini berarti, ada penambahan 106 pasien yang dinyatakan positif virus coronapada hari tersebut.

"Pada hari ini masih terjadi penambahan kasus sebanyak 106 kasus sehingga total menjadi 2.092 kasus positif," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta,.

Tentunya banyak masyarakat di Indonesia dan dunia khawatir dengan kondisi saat ini, di mana jumlah positif corona terus bertambah. Namun selalu ada tenang di sela-sela gelisah dengan adanya kabar baik terkait virus corona ini.

1. Pasien Sembuh di Indonesia Bertambah

Dari jumlah 2.092 kasus tersebut ada penambahan jumlah kasus yang sembuh sebanyak 22 orang. Dengan demikian total pasien positif Covid-19 yang sembuh mencapai 134 orang.

virus corona
Pejalan kaki menggunakan masker melintas di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

Olehnya itu pemerintah terus mengingatkan dan menegaskan kepada seluruh masyarakat agar tetap berada di rumah. Jika mau keluar rumah untuk urusan yang penting, kenakan masker dan jaga jarak aman.

"Untuk itu tempat aman adalah di rumah. Pertimbangkan baik-baik, tidak usah bepergian. Apalagi dalam situasi secara data dari hari ke hari semakin bertambah banyak," kata Yuri.

2. Udara di Indonesia dan Dunia Lebih Bersih

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan kualitas udara di Indonesia terkhusus di Pulau Jawa, Sumatra dan pulau Jawa jauh lebih bersih pada dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Perubahan kualitas udara terjadi di tengah penyebaran virus corona. Situasi yang sama juga terjadi di China dan Eropa di saat wabah virus covid-19 meluas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LAPAN (@lapan_ri) on

Bagi yang tinggal di Jakarta, jika Anda terpaksa keluar rumah, cobalah melihat ke atas langit, akan terasa bedanya dimana langit Jakarta jadi lebih biru dari sebelumnya.

3. Uji Coba Avigan Memasuki Tahap Akhir

Obat Avigan atau Favipiravir menjadi perbincangan dan harapan bagi warga dunia untuk mengobati virus corona. 

Saat ini, Avigan dari obat dari Fujifilm Jepang yang disebut ampuh untuk Covid-19 mulai masuk taha pengujian akhir pada ribuan pasien di seluruh dunia.

virus corona
Ilustrasi uji lab vaksin (Unsplash/ThisisEngineering RAEng)

Indonesia sendiri melalui Presiden Joko Widodo juga telah membawa jutaan pil obat Avigan ini untuk menangani pasien virus corona di Indonesia.

"Obat ini memiliki tingkat keamanan yang terbukti tinggi dan jelas efektif untuk digunakan (melawan virus corona)," ucap Zhang Xinmin, dari Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, seperti dilaporkan The Guardian.

4. Klub-klub Kecil Eropa Bisa Beli Pemain Bintang

Masa krisis ini membuka peluang klub-klub melakukan penyesuaian gaji pegawainya di masa mendatang. Hal tersebut sudah diprediksi pelatih Everton, Carlo Ancelotti.

"Uang hak siar akan turun, pemain, dan pelatih juga akan mendapatkan bayaran lebih sedikit. Tiket akan lebih murah, karena orang tidak memiliki banyak uang. Ekonomi akan berbeda dan begitu juga sepak bola. Mungkin akan lebih baik," ujar Ancelotti dikutip dari AFP.

virus corona
Bintang Barcelona Lionell Messi menjadi salah satu pemain yang dipotong gajinya 75% karena corona. (REUTERS/Albert Gea)

Sepak bola bisa lebih baik lagi. Salah satunya tidak ada transfer gila-gilaan di setiap jendela transfer. Gaji pemain dan pelatih juga akan lebih stabil.

Dengan gaji yang lebih masuk akal, klub-klub kecil atau medioker punya peluang mendapatkan pemain dengan kualitas bagus yang setara pemain bintang. Persaingan antarklub di level domestik atau internasional pun bisa lebih terjaga.

5. Angka Kematian di Spanyol Menurun

Spanyol menjadi salah satu negara dengan peningkatan orang yang positif corona paling banyak. Begitu juga dengan jumlah kematian per hari karena corona.

Namun, laju penambahan infeksi baru dan korban meninggal dunia akibat virus corona di Negeri Matador tersebut berkurang pada Sabtu (4/4/2020).

virus corona
Seorang wanita berjalan di jalanan yang sepi di tengah wabah virus corona yang menyerang dunia termasuk Spanyol. (REUTERS/Sergio Perez)

Perkembangan ini terjadi saat Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez diperkirakan memperpanjang lockdown yang telah berlangsung tiga pekan.

"Total 809 orang meninggal akibat penyakit itu dalam 24 jam terakhir, turun dari 932 pada Jumat dan rekor harian 950 pada Kamis (2/4/2020),” ungkap data pemerintah Spanyol seperti dikutip dari Reuters.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US