Cuaca Tropis Lemahkan Corona, Interaksi Masyarakat Diminta Tetap Dibatasi

- Selasa, 7 April 2020 | 17:27 WIB
Orang-orang menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).
Orang-orang menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati, mengatakan kendati hasil penelitian BMKG menyatakan cuaca tropis Indonesia berpotensi melemahkan virus corona (Covid-19), namun tetap harus menjaga atau membatasi interaksi masyarakat.

"Selama pernyataan tersebut dilandaskan pada kajian ilmiah dan sudah diuji berarti pernyataannya valid. Akan tetapi, saat cuaca tropis bisa melemahkan virus, harus tetap diimbangi dengan pembatasan interaksi masyarakat secara ketat," kata Kurniasih saat dihubungi Indozone, Selasa (7/4/2020).

Kurniasih mengatakan, penularan virus corona terjadi bukan lewat cuaca, melainkan droplet yang bisa berpindah dari pasien ke orang lain. Caranya melalui kontak dan interaksi langsung atau melalui media permukaan barang-barang yang terdapat droplet di atasnya.

"Kita bersyukur jika benar bahwa cuaca tropis bisa melemahkan virus, kita melangkapinya dengan ikhtiar menjaga jarak dan pembatasan lalu lintas masyarakat yang harus makin ditingkatkan agar bisa memotong mata rantai penularan virus tersebut, sehingga wabah ini bisa cepat berlalu," jelasnya. 

Hingga saat ini pemerintah pusat maupun daerah telah menyerukan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Beberapa di antaranya adalah work from home, social distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X