Dunia Gempar karena Corona, Trump Malah Ancam Sunat Anggaran WHO
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Kevin Lamarque)
News

Dunia Gempar karena Corona, Trump Malah Ancam Sunat Anggaran WHO

Rabu, 08 April 2020 13:29 WIB 08 April 2020, 13:29 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah kegentingan dunia dalam menghadapi pandemi virus corona, Presiden AS Donald Trump, justru mengancam akan memangkas anggaran WHO.

Menurutnya, WHO terlalu condong ke Tiongkok selama wabah virus corona (Covid-19). Karena itu, Trump mengancam akan menggunakan kewenangannya untuk menahan anggaran WHO.

"Kami akan menahan uang yang dihabiskan untuk badan kesehatan WHO," ujar Donald Trump dilansir dari AFP, Selasa (7/4/2020).

Selama ini, AS memang merupakan penyumbang terbesar dana WHO. Namun, Trump tidak merinci berapa banyak anggaran yang akan dia pangkas. Hal ini masih akan ditinjau oleh pihaknya.

"Saya tidak menyatakan akan langsung melakukannya. Kami akan meninjaunya pada akhir masa pendanaan," sebut Trump.

Lewat akun Twitternya, Trump menuduh WHO terlalu "Tiongkok-sentris" dan telah memberikan rekomendasi yang salah kepada AS.

"WHO benar-benar gagal. Untuk beberapa alasan, (meskipun) sebagian besar didanai oleh AS, (WHO) sangat Tiongkok-sentris. Kami akan memperhatikan isu ini. Untungnya saya menolak saran mereka membuka perbatasan kami ke Tiongkok sejak awal. Mengapa mereka memberi kami rekomendasi yang salah seperti itu?" tulisnya.

Hingga kini, WHO belum mengomentari kritikan Trump. Pada 31 Januari, WHO menyarankan negara-negara untuk membiarkan perbatasannya tetap terbuka meskipun wabah menyebar.

Namun, WHO menegaskan negara-negara memiliki hak mengambil langkah-langkah guna melindungi warganya dari virus corona.

"Untungnya, saya menentang saran mereka agar membiarkan perbatasan terbuka terhadap Tiongkok,"ujar Trump.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US