Kena PHK dan Tak Bisa Bayar Kontrakan, Banyak Warga Jakarta yang Tidur di Jalan

- Kamis, 30 April 2020 | 14:26 WIB
Ilustrasi gelandangan yang tidur di jalan. (Pixabay/davide1012).
Ilustrasi gelandangan yang tidur di jalan. (Pixabay/davide1012).

Kader dan pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membagikan sebanyak 150 makanan siap saji atau paket makanan sumbangan para donatur kepada para tunawisma di DKI Jakarta.

Juru Bicara PSI, Sigit Widodo, mengatakan, bantuan paket makanan kepada para tunawisma ini dibagikan pada Kamis (30/4/2020) dini hari di sekitar Terminal Kampung Melayu, Jalan Kramat Raya, Jalan Juanda, dan Jalan Gunung Sahari.

"Masih ada ratusan tunawisma menggelandang di Jakarta. Sebagian adalah korban PHK karena pandemi Corona atau orang-orang yang pendapatannya berkurang drastis seperti sopir-sopir angkutan umum," kata Sigit di Jakarta, Jumat (30/4/2020).

Sigit menuturkan, masih banyak dari mereka tak mampu lagi membayar kos atau kontrakan. Sehingga akhirnya terpaksa tinggal di jalanan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Kami bahkan menemukan dua ibu hamil menggelandang di jalanan. Satu di antaranya, ada di bawah fly over Kampung Melayu, mengidap kista," ujarnya.

Melihat kondisi itu, Sigit kembali mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar membuat program komprehensif untuk membantu rakyat yang tidak memiliki tempat tinggal. 

"Kemarin sempat viral di media kemudian direspons Pak Anies, mereka dipindahkan ke GOR Karet. Tapi setelah Pak Anies pergi, mereka kembali ke jalanan karena tidak disediakan kebutuhan dasar oleh Pemprov," jelasnya.

Ia pun berharap Pemprov DKI Jakarta menempatkan para tunawisma di GOR dengan tetap menerapkan protokol keselamatan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) dan hal lainnya.

"Termasuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesehatan para tunawisma. Jika tidak disediakan, mereka akan kembali ke jalanan. Jadi, kata kuncinya adalah program yang komprehensif," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X