Rekam Jejak Kehidupan Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe

- Sabtu, 7 September 2019 | 11:25 WIB
REUTERS/Philimon Bulawayo
REUTERS/Philimon Bulawayo

Robert Gabriel Mugabe adalah Presiden Zimbabwe kedua. Ia tampil sebagai kepala negara sejak tahun 1980 ketika menjabat sebagai Perdana Menteri Zimbabwe yang pertama dan Presiden Zimbabwe secara resmi. Jabatan presidennya dimulai pada 31 Desember 1987 hingga mengundurkan diri pada 21 November 2017.

Pria kelahiran 21 Februari 1924 ini pernah menempuh pendidikan tinggi di sejumlah universitas. Di antaranya, University of Fort Hare (1951), Kutama College, University of London, University of South Africa, dan University of London International Programme.

-
REUTERS/Philimon Bulawayo

Pada Jumat, 6 September 2019, Robert Mugabe dikabarkan meninggal dunia di usia 95 tahun setelah berjuang melawan kondisi kesehatan yang sempat memburuk. Sejak April 2019 lalu, Mugabe dirawat di rumah sakit Singapura.

Rekam Jejak Sepanjang Hidup Robert Mugabe

Berikut adalah titik-titik penting sepanjang hidup mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe yang meninggal dunia pada Jumat (6/9/2019) di Singapura.

-
REUTERS/Philimon Bulawayo

1924: Robert Mugabe lahir pada tanggal 21 Februari di Zimbabwe, yang pada masa itu masih bernama Rhodesia Selatan dan berada di bawah pemerintahan Inggris.

1940an-1950an: Mugabe menuntut ilmu di sekolah-sekolah Katolik dan kuliah di University of Fort Hare di Afrika Selatan. Dia pun mengajar di Zambia dan Ghana. Di masa tersebut, dia terpengaruh oleh pergerakan para pimpinan kemerdekaan Afrika.

1960an: Mugabe berkampanye untuk kemerdekaan Zimbabwe dan dijebloskan ke penjara pada tahun 1964 karena agitasi politik. Dalam masa penahanan, dia meraih dua gelar hukum dari University of London International Programme.

1974: Setelah bebas, dia melarikan diri ke Mozambik, di mana para pejuang gerilyawan Uni Nasional Afrika memilihnya untuk memimpin perjuangan mereka melawan kekuasaan minoritas kulit putih. Kelompok hak asasi manusia mengatakan sejumlah lawan meninggal dunia dengan keadaan yang mencurigakan.

1980: Partai Persatuan Nasional Afrika Zimbabwe – Front Patriotik (ZANU-PF) Mugabe menang dalam pemilu independen pertama Zimbabwe dan dia mulai menjabat sebagai perdana menteri pada tanggal 18 April.

-
REUTERS/Siphiwe Sibeko

1982: Mugabe menyebarkan pasukan yang telah terlatih oleh Korea Utara untuk menghancurkan pemberontakan oleh mantan gerilyawan yang setia kepada saingannya dalam perang pembebasan Joshua Nkomo. Pasukan pemerintah pun dituduh terlibat dalam pembunuhan 20.000 warga sipil, yang disangkal oleh Mugabe.

1987: Ia menjadi Presiden dengan kekuatan eksekutif menyeluruh setelah adanya perubahan dalam konstitusi dan penandatangan pakta persatuan dengan Joshua Nkomo, yang kemudian menjadi salah satu dari dua wakilnya.

1990: Partai ZANU-PF dan Mugabe menang dalam pemilihan parlemen dan presiden.

1998: Krisis ekonomi yang ditandai dengan suku bunga dan inflasi tinggi memicu kerusuhan-kerusuhan.

2000: Masyarakat Zimbabwe menolak konstitusi baru dalam sebuah referendum. Ini merupakan kekalahan pertama Mugabe di kotak suara. Di tahun yang sama, ribuan veteran perang kemerdekaan dan sekutu mereka menyita tanah pertanian yang dimiliki orang-orang kulit putih. Mereka mengatakan tanah tersebut diambil secara ilegal oleh pemukim kulit putih.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X