Para Pencari Suaka Kembali Tempati Trotoar Kebon Sirih Jakarta

- Minggu, 15 September 2019 | 10:29 WIB
Antara/Imam Santoso
Antara/Imam Santoso

Puluhan para pencari suaka asal Afganistan, Somalia, Irak dan beberapa negara lainnya kembali menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Sabtu malam (14/9/19).

Puluhan tenda tampak menempati trotoar di depan Bank Gamon Kebon Sirih menyusul larangan untuk berada di depan gedung Ravindo, sebagai lokasi kantor Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR).

Para pengungsi tersebut mulai menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih pada Jumat (13/9) sore dan Jumat malam. "Sekitar 30 orang datang pada Jumat sore. Malam harinya, sekitar 50 orang datang lagi. Sebagian dari mereka meninggalkan trotoar karena dikabarkan telah menerima bantuan," ujar seorang penjaga keamanan gedung Ravindo, Sunaryo.

Sunaryo menyebutkan bahwa sekitar 30 orang pencari suaka datang pada Jumat sore. Kemudian, pada malam harinya, datang 50 orang lagi. Sebagian pencari suaka tersebut meninggalkan trotoar karena telah menerima bantuan.

Sebelumnya, pada awal September, Perwakilan UNHCR di Indonesia Thomas Vargas mempersilakan para pencari suaka untuk menyampaikan aspirasi mereka di kantor UNHCR di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Menurut Vargas, para pengungsi memiliki hak untuk mengutarakan masalah mereka. Pihaknya pun mencoba mendengarkan dan membantu. Vargas mengatakan bahwa UNHCR telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kepolisian Metro Jakarta Pusat terkait kehadiran para pencari suaka yang berada di sekitar kantor UNHCR di Jalan Kebon Sirih.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X