Ketahui, Ini 3 Perbedaan Olahraga Yoga dan Pilates

- Senin, 9 September 2019 | 16:26 WIB
photo/Pixabay
photo/Pixabay

Jika diperhatikan sekilas dari gerakannya, olahraga yoga dan pilates terlihat mirip yaitu sama-sama latihan yang menekankan pada pengelolaan pernapasan, meditasi, dan pengelolaan stres. Namun ternyata, dua olahraga ini berbeda.

Secara pengertian, yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya penyatuan dengan alam atau Sang Pencipta. Awalnya, yoga merupakan salah satu ajaran agama Hindu yang memfokuskan pada aktivitas meditasi. Namun seiring perkembangan, yoga mulai diminati dan menjadi salah satu olahraga dengan berbagai variasi, seperti Hatha, Ashtanga, Kripalu, Bikram, Hot, dan Vinyasa.

-
photo/draxe.com

Sedangkan, pilates merupakan olahraga yang diciptakan oleh seorang atlit Jerman bernama Joseph Pilates. Bisa dikatakan, pilate adalah versi kontemporer dari yoga. Bedanya dari yoga, pilates tidak menggunakan elemen jiwa dan spiritual dalam praktiknya.

Selain itu, ada beberapa lagi perbedaan antara olahraga yoga dan pilates, seperti berikut ini yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (9/9):

1. Manfaat

-
photo/wellandgood.com

Yoga maupun pilates sama-sama baik untuk kesehatan jika dilakukan secara rutin. Namun, ada perbedaan manfaat dari dua olahraga ini. Beberapa manfaat yoga, di antaranya mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur atau mengurangi kebiasaan insomnia, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan pilates bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kelenturan tubuh, dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

2. Tujuan

-
photo/Pixabay

Bagi kamu yang ingin memulihkan tubuh setelah cedera, mengurangi nyeri tubuh, atau menguatkan persendian yang lemah, maka rutinlah melakukan olahraga pilates. Namun, bagi kamu yang ingin berolahraga sekaligus melepas penat dan stres, maka olahraga yoga bisa menjadi pilihan untuk membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

3. Waktu dan Kalori

-
photo/Pixabay

Yoga dan pilates sama-sama dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Satu sesi yoga yang dilakukan selama 60 menit bisa membakar 200-630 kalori, sedangkan pilates selama 60 menit bisa membakar 270-460 kalori per sesi. Masing-masingnya tergantung dari tingkat kesulitan latihan yang dilakukan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X