Mengulik 6 Istana Kepresidenan Republik Indonesia

- Rabu, 11 September 2019 | 14:08 WIB
Mengenal enam Istana Kepresidenan yang ada di Indonesia. (Kolase/presidenri.go.id)
Mengenal enam Istana Kepresidenan yang ada di Indonesia. (Kolase/presidenri.go.id)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk membangun Istana Presiden di Kota Jayapura, Papua. Permintaan itu disampaikan 61 tokoh Papua saat bertemu Jokowi, di Istana Negara, Selasa (10/9).

Setelah berdiskusi dengan para menteri yang turut hadir dalam pertemuan itu, Jokowi menyanggupi. Dia berjanji akan mulai membangun istana di Papua mulai tahun depan.

"Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusan tidak keliru. Nanti saya sudah bicara, ya, duitnya tidak ada. Jadi, mulai tahun depan istana ini akan dibangun," kata Jokowi.

Jika selesai dibangun, istana di Papua akan menjadi Istana Kepresidenan ketujuh yang ada di Indonesia. Enam istana lainnya tersebar di beberapa daerah.

Yuk, cari tahu soal enam Istana Kepresidenan yang sudah ada berdasarkan beberapa sumber yang dihimpun Indozone.

1. Istana Negara

Istana Negara terletak di Jalan Medan Merdeka menghadap ke Sungai Ciliwung (Jalan Veteran). Bangunan ini dibangun pada 1976 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten dan selesai pada 1804. 

-
Istana Negara. (Antara/Desca Lidya Natalia)

Awalnya, gedung ini merupakan rumah peristirahatan milik pengusaha Belanda, Jacob Andries van Braam dan dikenal dengan sebutan Istana Rijswijk .

Pada 1821, pemerintah kolonial menjadikan bangunan ini sebagai pusat kegiatan pemerintahan serta tempat tinggal para Gubernur Jenderal di Jakarta (dulu disebut Batavia). 

2. Istana Merdeka

Istana Kepresidenan satu ini berada satu kawasan dengan Istana Negara. Istana Merdeka mulai dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal James Lindon pada 1873 dan selesai dibangun pada 1879. 

Awalnya, gedung ini disebut sebagai Istana Gambir dan menjadi tempat kediaman resmi Gubernur Jenderal disamping kediaman resmi lainnya di Bogor. Presiden Pertama RI Soekarno kemudian memutuskan untuk mengubah nama Istana Gambir menjadi Istana Merdeka dan Istana Rijswijk menjadi Istana Negara.

-
Istana Merdeka. (Antara/Wahyu Putro S)

Bangunan ini mempunyai banyak nama sesuai dengan situasi zamannya. Di antaranya Istana Koningsplein, Istana Gambir, Istana Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Istana Wakil Tinggi Mahkota Belanda, Istana Van Mook, Istana Saiko Syikikan, dan terakhir Istana Merdeka. 

Sebutan Istana Merdeka terkait dengan peristiwa pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat oleh Kerajaan Belanda pada 27 Desember 1949. Acara pengakuan berlangsung di Istana Gambir, Jakarta, dan Istana Dam, Amsterdam, Belanda.

3. Istana Cipanas

Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede yang berhawa sejuk. Sejak zaman kolonial Istana Cipanas sudah dijadikan tempat istirahat bagi para Gubernur Jenderal. 

Pemandian air panas, sumber air mineral, serta udara pegunungan yang bersih, makin menyempurnakan kompleks itu sebagai tempat persinggahan yang digemari para pejabat tinggi. Presiden Soekarno menjadikan Istana Cipanas sebagai tempat mencari inspirasi bagi pidato-pidatonya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X