Presiden Joko Widodo ke Pekanbaru Tinjau Karhutla
(photo/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
News

Presiden Joko Widodo ke Pekanbaru Tinjau Karhutla

Victor Median
Senin, 16 September 2019 18:21 WIB 16 September 2019, 18:21 WIB

INDOZONE.ID - Malam ini Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri dan lembaga terkait dan pemerintah daerah akan mengadakan rapat membahas Karhutla di Riau. Setelahnya, Jokowi dan sejumlah menteri akan meninjau langsung ke lapangan.

"Iya malam ini langsung rapat karhutla. Besok baru beliau (Jokowi) dan kami-kami akan langsung meninjau di lapangan," kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Jakarta, Senin.

Adapun para menteri yang ahdir dalam rapat tersebut adalah, Menko Polhukam, Menko PMK Puan Maharani, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Ya menteri-menteri dan lembaga yang terkait langsung dengan masalah kebakaran hutan. Saya kira lengkap nanti," kata Wiranto.

Menurutnya, kedatangan Presiden Jokowi ke Pekanbaru, untuk melihat dan mendapatkan laporan secara langsung mengenai kebakaran di Riau.

"Nah sekarang ini dari hasil laporan itu, presiden ingin untuk langsung melihat dan mendapat laporan dari salah satu wilayah kebakaran, yakni di Riau, di Pekanbaru," tuturnya.

Dalam rapat nanti, para menteri akan diminta menjelaskan secara detail tentang bagaimana upaya-upaya yang sudah dilakukan.

"Ya, tentu hal apa yang masih perlu dilakukan sehingga penanggulangan kebakaran hutan ini dapat betul-betul dilaksanakan secara maksimal. Jangan sampai ada asap-asap yang nyebrang negara tetangga terutama yang tentu menimbulkan permasalahan antarnegara," ujarnya.

Wiranto menambahkan, keinginan dari Presiden Jokowi itu menggambarkan bahwa Presiden sendiri tengah prihatin soal karhutla & ingin memberikan perhatian khusus.

"Beliau (Presiden) ingin mendapatkan laporan di daerah-daerah yang rawan kebakaran," katanya.

TAG
Victor Median
Victor Median

Victor Median

Editor