Kawanan Maling di Minimarket Duren Sawit Ternyata Sudah 5 Kali Beraksi

- Sabtu, 18 April 2020 | 21:12 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Indozone/Samsudhuha Wildansyah)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Indozone/Samsudhuha Wildansyah)

Kawanan maling yang ditangkap di sebuah minimarket di kawasan Duren Sawit, ternyata sudah lima kali beraksi. Kawanan maling yang berasal dari kelompok Lampung itu kerap melakukan aksinya di kawasan Jakarta Timur.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, informasi tersebut didapatkan setelah penyidik kepolisian mencocokkan beberapa kejadian serupa wilayah Jakarta Timur.

"Setelah dilakukan pendalaman dan disesuaikan dengan beberapa laporan polisi yang ada dan modusnya, ternyata kelompok ini sudah lima kali beraksi dalam satu bulan di lima TKP, dua di Kecamatan Makasar, satu di Kramat Jati dan satu di Jatinegara. Semua sasaranya adalah minimarket," kata Yusri di Mako Polres Metro Jakarta Timur, seperti dilansir Antara, Sabtu (18/4/2020).

-
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Diketahui peristiwa itu terjadi di minimarket Jalan Al Wusto RT09 RW07 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Kamis (16/4/2020) pukul 02.30 WIB.

Penangkapan kawanan pencuri ini berawal saat petugas kepolisian dari Polsek Duren Sawit yang sedang berpatroli melihat sebuah mobil Avanza hitam yang terparkir di depan minimarket dengan pintu bagasi yang terbuka.

Petugas kemudian berhenti untuk memeriksa mobil tersebut, namun tiba-tiba pengemudi mobil Avanza hitam itu langsung tancap gas melarikan diri dan nyaris menabrak petugas.

"Pada saat dilakukan patroli oleh petugas kepolisian, dicurigai di depan Alfamart ada sebuah mobil terparkir dengan kondisi pintu bagasi terbuka sekitar pukul 02.30 pagi, kemudian didatangi oleh petugas Polsek pada saat itu, sopir tiba-tiba dengan kecepatan tinggi coba menabrak anggota dan melarikan diri," kata Yusri.

Petugas kemudian memeriksa minimarket tersebut menemukan seorang tersangka berinisial YS yang mengacungkan parang dan berusaha menyerang polisi.

Meski sudah tiga kali memberikan tembakan peringatan ke udara, tersangka YS (14) tidak berhenti dan terus berupaya melumpuhkan petugas dengan senjata tajam.

"Dari dalam Alfamart muncul pelaku yang baru saja membongkar minimarket dengan membawa sebilah parang dan coba melumpuhkan anggota pada saat itu, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur, dilakukan penembakan sesuai dengan SOP yang ada," ujarnya.

Tersangka YS kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, namun akhirnya meninggal di dalam perjalanan. Sedangkan dua dua rekan YS masih berada di dalam toko yakni Ali Akbar (32) bersama Ali Rudini (45) menyerah dan berhasil diamankan petugas.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X