Anies Baswedan Sebut Serapan Program adalah Bukti TGUPP

- Kamis, 5 Desember 2019 | 10:26 WIB
Instagram/@aniesbaswedan
Instagram/@aniesbaswedan

Terkait dengan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), yang menuai kritikan dari anggota DPRD DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, serapan anggaran dan program yang ada merupakan buktinya.

"Begitu anda melihat misalnya, serapan yang berjalan dengan baik, program yang berjalan dengan baik, itu adalah hasil kerja," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (04/12).

Anies mengatakan, TGUPP memiliki tugas dalam pengawasan kinerja jajaran eksekutif Pemprov DKI Jakarta agar serapan dan program yang berjalan bisa sesuai dengan rencana yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

-
ANTARA/Zubi Mahrofi

"Pengawasan internal monitoring program, jadi begitu anda melihat serapan kita terkendali dengan baik, itulah hasil kerjanya, jadi kalau Dinas mereka punya programnya, kalau ini adalah pada pengendalian pelaksana program, ketika pelaksanaan program terlaksana dengan baik artinya fungsi2 itu berjalan, karena memang ini adalah deliveri unit," ucap Anies.

Anies menambahkan ada berbagai kegiatan yang dianggarkan, termasuk juga TGUPP yang memiliki anggaran operasional sebesar Rp18,9 miliar.

"Ya jadi seluruh kegiatan kita itu, untuk memastikan agar kegiatan strategis daerah itu benar-benar terlaksana di level nasional," ucapnya.

Persoalan tentang TGUPP ini menguat setelah anggarannya dalam rancangan  APBD DKI Jakarta naik di tahun 2020. Di masa kepemimpinan Anies, anggaran TGUPP terus naik hingga tahun depan yang mencapai Rp18,9 miliar.

Dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta yang mengatakan TGUPP hanya membebani APBD, sehingga dipandang perlu dievaluasi.

"Fraksi Partai Golkar meminta dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap tugas dan fungsi TGUPP, termasuk evaluasi jumlah anggota TGUPP yang menurut hemat kami jumlahnya terlalu banyak sehingga mengakibatkan tidak efektif dalam bekerja dan membebani APBD DKI Jakarta," kata anggota Fraksi Golkar Judistira Hermawan di Gedung DPRD DKI Jakarta. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X