The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Blangko KTP Elektronik Belum Terpenuhi, Anggota DPR Beri Kritikan
photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
News

Blangko KTP Elektronik Belum Terpenuhi, Anggota DPR Beri Kritikan

Jumat, 29 November 2019 00:29 WIB 29 November 2019, 00:29 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad mengkritik kinerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena belum terpenuhinya blangko KTP Elektronik padahal mayoritas masyarakat sudah melakukan perekaman data.

"Persoalan blangko KTP Elektronik (KTP El)  tidak kunjung selesai, setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia mengalami kesulitan blangko," ujar Kamrussamad, Kamis (28/11).

Dia juga mengatakan, mayoritas masyarakat sudah melakukan perekaman data KTP El namun tidak kunjung menerima KTP El karena belum terpenuhinya blangko.

Menurut dia, kelangkaan blangko KTP El menunjukkan masih amburadulnya perencanaan dan lemahnya evaluasi dalam sistem pembuatan KTP El.

Dia pun menjelaskan, DPR melalui Komisi II DPR sudah meminta Mendagri untuk mencetak tambahan blangko KTP El akhir tahun ini.

"Anggarannya lakukan pergeseran dari unit kerja lain ke Dukcapil untuk produksi blangko KTP El tersebut. Itu solusi jangka pendek," kata dirinya.

Kamrussamad menilai untuk solusi jangka panjang sedang dikaji kemungkinan pengadaan blangko KTP El diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dukcapil) kabupaten/kota dengan nomor induk tunggal tetap berasal dari kementerian dalam negeri.

Dia mengingatkan, KTP El bagi masyarakat adalah dokumen pertama dan utama untuk mendapatkan dokumen kependudukan dan keperluan lainnya.

TAG
Indozone
Kana

Kana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US